Bagikan:

YOGYAKARTA - Shut Down atau mematikan komputer dapat diatur secara otomatis menggunakan fitur Command Prompt dalam sistem operasi Windows 10. Hal itu dapat membantu pengguna, apabila secara tidak sengaja lupa untuk mematikannya.

Kondisi tersebut sering terjadi, terutama jika Anda bekerja atau mengerjakan tugas hingga malam hari. Kondisi tubuh yang lelah dan mengantuk, dapat membuat Anda tiba-tiba tertidur sebelum mematikan komputer terlebih dahulu.

Hal itu pun dapat membuat penggunaan listrik di perangkat Anda jadi boros, terutama jika Anda menggunakan komputer. Oleh karenanya, mengatur waktu untuk mematikan perangkat komputer atau laptop sangat penting untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatur waktu "Shut Down" komputer adalah menggunakan fitur Command Prompt yang terdapat di semua sistem operasi Microsoft, salah satunya Windows 10.

Anda pun dapat mengaktifkannya dengan mudah di komputer Anda. Jika Anda masih belum mengetahui cara mengaturnya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disiapkan oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Atur Shut Down Otomatis di Windows 10

Salah satu cara untuk mematikan komputer secara otomatis adalah menggunakan "Commad Prompt" yang terdapat dalam sistem operasi Windows 10.

Caranya pun sangat mudah, pengguna dapat menekan tombol "Start" di keyboard komputer Anda, kemudian klik "Command Prompt" atau "cmd" pada kolom pencarian yang tersedia di bagian bawah.

Selanjutnya, akan muncul jendela baru di komputer Anda, dan pengguna dapat mengetikkan perintah "shutdown/s/t/tentukan berapa lama waktu hingga komputer mati secara otomatis.

Sebagai catatan waktu yang digunakan adalah hitungan detik, sehingga Anda harus mengkonveriskan jumlah detik di dalam waktu yang Anda inginkan hingga komputer mati.

Misalnya, jika Anda ingin komputer mati 1 jam kemudian, maka Anda dapat mengetik "shutdown/s/t/3600", yang berarti komputer akan mati setelah 3600 detik atau 1 jam.

Setelah mengisi kolom tersebut, Anda dapat menekan tombol "Enter" pada keybord komputer Anda, dan pengatur waktu komputer mati secara otomatis sudah aktif.

Demikianlah cara mengatur "Shut Down" atau mematikan perangkat komputer secara otomatis dengan Command Prompt yang dapat Anda lakukan.

Selain dapat membantu Anda ketika mengerjakan tugas di malam hari, fitur tersebut dapat membantu Anda ketika sedang mengunduh file dalam ukuran besar, tetapi di waktu bersamaan Anda harus pergi.

Oleh karenanya, Anda dapat mengaktifkan "Shut Down" otomatis menggunakan fitur Command Prompt yang terdapat di semua sistem operasi produksi Microsoft, termasuk Windows 10.