Dibuka Perkasa, Harga Bitcoin Tembus Rp146 Juta
Ilustrasi Bitcoin (pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Harga Bitcoin dibuka perkasa di pembukaan marketplace hari ini. Nilai tukar Bitcoin(BTC) tembus 10,048 dolar AS atau sekitar Rp146 juta per koin.

Melansir indeks market Coindesk, pukul 08.57 WIB, harga Bitcoin naik menjadi 10,135 dolar AS atau terkoreksi positif sekitar 0,71 persen dalam 24 jam terakhir. 

"Lonjakan yang dipimpin DeFi dalam token Ethereum, sebagai cryptocurrency terbesar kedua, tampaknya telah merambah ke pasar Bitcoin," kata John Ng Pangilinan dari Signum Capital yang berbasis di Singapura, Senin, 27 Juli.

Tren kenaikan harga juga diikuti Ethereum (ETH) yang naik pada level tertingginya selama 13 bulan terakhir pada 319 dolar AS perkoin, saat penutupan market pekan lalu. Kini nilai tukar cryptocurrency yang diperdagangkan saat ini terkoreksi 9 persen lebih tinggi dalam 24 jam terakhir. 

Indeks market Bitcoin (tangkapan layar Coindesk)

Token, yang memperkuat blockchain Ethereum, telah memperoleh 140 persen tahun ini, meninggalkan Bitcoin, naik 40 persen pada basis tahun-ke-tanggal, jauh di belakang. Dengan kenaikan harga Bitcoin, kini nilai cryptocurrency ini berhasil mengalahkan emas yang diperdagangkan sekitar 1,920 dolar AS sejak 2011. 

Suntikan likuiditas besar-besaran oleh Federal Reserve AS dan imbal hasil negatif pada obligasi AS yang disesuaikan dengan inflasi tampaknya telah mendorong kenaikan emas, sebuah lindung nilai inflasi. Sementara Bitcoin tetap menarik penawaran tertinggi dari safe heaven dalam dua bulan terakhir.

Hal ini membuat harga Bitcoin dan sejumlah cryptocurrency tertahan pada kisaran harga 9 dolar AS. Beberapa investor mengharapkan Bitcoin untuk memetakan kenaikan yang lebih kuat dalam waktu dekat.