Ini 6 Cara Ampuh Menghapus Diri Anda dari Internet
BErhati-hati saat membagikan data diri Anda ke internet. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat Anda menjelajah Internet, media sosial dan situs belanja online, kemungkinan besar informasi pribadi Anda akan tersedia untuk publik. Hal ini cukup mengkhawatirkan.

Mengingat jika orang tidak bertanggungjawab menemukan data pribadi Anda, maka data Anda sudah dipastikan akan disalahgunakan oleh aktor jahat tersebut.

Jadi, bagaimana menghapus data diri Anda dari Internet, dan menghentikan sebuah perusahaan untuk mendapatkan informasi Anda? Jawabannya tentu saja tidak bisa. Sayangnya, Anda tidak pernah dapat sepenuhnya menghapus diri Anda dari Internet, tetapi ada beberapa cara untuk meminimalkan jejak digital Anda, yang akan menurunkan kemungkinan data pribadi Anda keluar dari sana.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya seperti dikutip VOI dari CNET, Senin, 11 Oktober.

  1. Hapus atau Nonaktifkan Akun

Langkah pertama ini meminta Anda untuk menghapus akun media sosial maupun di situs belanja yang sering Anda kunjungi. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Tumblr dan MySpace. Dengan menghapus akun tersebut, memungkinkan data pribadi Anda tidak akan tersebar, dan akan dihancurkan melalui sistem perusahaan.

  1. Hapus Data Anda dari Situs Broker

Ada perusahaan di luar sana yang mengumpulkan informasi Anda. Mereka disebut data brokers, dengan mengumpulkan data dari semua yang Anda lakukan secara online dan kemudian menjual data itu kepada pihak yang berkepentingan, sebagian besar untuk iklan dan menjual barang secara lebih spesifik kepada Anda.

Membiarkan informasi ini beredar di internet bisa berbahaya. Kemungkinan para troll akan menyalahgunakan nama, nomor telepon, alamat, atau akun online. Jika Anda ingin data diri Anda dihapus dari situs broker data, Anda perlu menghubungi mereka dan meminta untuk dihapus.

Namun perlu diingat, saat Anda menghapus diri Anda sendiri dari situs data broker ini, sebagian besar Anda juga akan menghapus diri Anda sendiri dari hasil pencarian Google, sehingga membuat lebih sulit bagi orang untuk menemukan Anda.

  1. Hapus Info Anda Langsung dari Situs Web

Anda bisa menanyakan kepada perusahaan telepon atau penyedia layanan seluler Anda untuk memastikan Anda tidak terdaftar secara online dan minta mereka menghapus nama Anda jika memang demikian. Jika Anda pernah melakukan hal lainnya yang terkait dengan pendaftaran online, segera hubungi situs web tersebut.

  1. Langkah Jika Pemilik Situs Tidak Ingin Menghapusnya

Jika seseorang mengunggah informasi sensitif milik Anda seperti nomor Jaminan Sosial atau nomor rekening bank, dan webmaster dari situs yang mengunggahnya tidak akan menghapusnya, Anda dapat mengirimkan permintaan penghapusan hukum ke Google untuk menghapusnya.

Anda mungkin harus menggunakan kekuatan hukum Google untuk menghapus informasi pribadi Anda dari situs yang bandel seperti itu. Proses penghapusan bisa memakan waktu, dan tidak ada jaminan itu akan berhasil, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

  1. Hapus Riwayat Pencarian

Katakanlah ada halaman web dengan informasi tentang Anda yang ingin Anda singkirkan. Di mana ketika Anda mencari nama Anda di Google, halaman tersebut masih muncul di hasil pencarian Anda, meskipun Anda tidak dapat mengeklik tautannya. Ini berarti halaman versi lama yang berada di-cache di server Google.

Untungnya, Google memiliki alat untuk menghapus URL yang sudah kedaluwarsa. Jika Anda mengirim URL itu ke Google, maka perusahaan akan memperbarui servernya, menghapus hasil pencarian yang di-cache sehingga Anda tidak lagi dikaitkan dengan halaman tersebut.

  1. Hapus Akun Email Anda

Jika saat ini Anda memiliki banyak akun email, sebaiknya pilih email yang sudah tidak Anda gunakan. Sebab, email menyimpan banyak data pribadi Anda secara tidak langsung, seperti nomor telepon, tanggal lahir Anda, lokasi Anda dan masih banyak lagi. Beberapa akun masih bisa terbuka untuk jangka waktu tertentu jika Anda ingin mengaktifkannya kembali.