Rupiah Menguat Tipis, Harga Bitcoin Terpantau Stabil
Ilustrasi bitcoin (Image by MichaelWuensch from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah ditutup menguat tipis sekitar 0,10 persen atau 15 poin ke level Rp14.395 per dolar AS. Lantas bagaimana dengan nilai tukar dari mata uang digital atau cryptocurrency hari ini?

Mengutip Coindesk, Kamis 9 Juli, pukul 16.25 WIB, harga Bitcoin (BTC) berada di level 9 dolar AS per koin atau melemah 0,9 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan nilai tukar rupiah terhadap Bitcoin berkisar antara Rp135,32 sampai Rp134.05 juta.

Adapun key metrics Bitcoin dalam 24 jam terakhir, masih menunjukkan penguatan dengan nilai tukar tertinggi sekitar Rp136,78 juta per koin. Dengan rerata nilai tukar Rp1,19 juta per koin.

Padahal Mei lalu Bitcoin baru saja melakukan halving, proses pemprogram kembali Bitcoin yang memangkas pendapatan penambang dari proses mengurai algoritma matematika guna menghasilkan Bitcoin. Saat ini penambang mendapatkan imbalan 12,5 BTC per blok yang ditambang pada Mei nanti akan turun menjadi 6,25 BTC per Blok.

Proses halving ini dilakukan empat tahun sekali dan sudah dituliskan dalam kode yang mendasari Bitcoin. Tujuan untuk menjaga inflasi. Proses ini akan mengurangi pasokan Bitcoin yang masuk ke pasar sehingga harga bisa terdongkrak.

indeks nilai tukar cryptocurrency (Coindesk)

Sementara bursa harga uang digital lainnya seperti Ethereum (ETH), terpantau cukup stagnan berada di angka 244,78 dolar AS per koin atau mengalami penurunan 0,95 persen dalam 24 jam terakhir. 

Penurunan paling tajam dialami Litecoin (LTC) dan Bitcoin cash (BCH). Dengan penurunan rata-rata 0,50 sampai 0,93 persen dalam 24 jam terakhir.