Rupiah Rabu Ditutup Menguat 30 Poin ke Level Rp14.410 per Dolar AS
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat pada perdagangan Rabu 8 Juli. Rupiah ditutup menguat tipis 0,21 persen atau 30 poin ke level Rp14.410 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, rupiah yang menguat tipis, ada kemungkinan masih dibantu oleh sentimen positif terhadap stimulus Bank Indonesia untuk membantu pemerintah memulihkan ekonomi di tengah pandemi dengan membeli obligasi pemerintah untuk membiayai APBN.

"Tapi kekhawatiran terhadap peningkatan penularan COVID-19 masih belum hilang sehingga terjadi tarik menarik antara sentimen positif dan negatif," ujar Ariston kepada VOI.

Sore ini, mata uang di kawasan Asia Pasifik bergerak bervariasi di hadapan dolar AS. Penguatan dipimpin oleh rupiah, disusul oleh dolar Taiwan yang menguat 0,13 persen.

Penguatan juga ditunjukkan peso Filipina yang terapresiasi 0,07 persen. Kemudian yen Jepang dan ringgit Malaysia sama-sama menguat 0,02 persen.

Dolar Singapura terpantau menguat 0,01 persen. Sementara won Korea Selatan terlihat stagnan di hadapan dolar AS.

Sementara mata uang yang melemah dipimpin oleh rupee India yang terdepresiasi 0,11 persen. Disusul oleh baht Thailand dan yuan China yang masing-masing melemah 0,07 persen dan 0,05 persen.