Cara Daftar dan Jadwal Upacara Virtual HUT Ke-76 Republik Indonesia di Istana Merdeka
Logo HUT RI Ke-76 (Dok. Sekertariat Negara)

Bagikan:

JAKARTA - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia (RI) akan segera digelar, namun karena pandemi COVID-19 masih melanda, pemerintah memutuskan untuk menggelarnya secara daring kembali.

Tahun lalu, upacara 17 Agustus juga digelar secara virtual, tetapi tahun ini peserta yang ikut upacara akan dibatasi sebanyak 35.690 orang, dan akan dibagi menjadi dua kloter saja.

Pertama kloter akan dibagi dalam sesi Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang bisa dihadiri sebanyak 17.845 peserta dan Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih juga dengan jumlah yang sama 17.845 peserta.

Bagi yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut bisa mendaftarkan diri melalui laman Pandang Istana. Dengan syarat, peserta harus berusia minimal 6 tahun, sehat jasmani dan rohani, diperkenankan memakai pakaian adat.

Kemudian harus menerapkan protokol kesehatan di tempat masing-masing, tidak berada di keramaian, memakai masker dan menjaga jarak jika menggelar konferensi video secara bersama. Terakhir, pastikan perangkat kamera dan mikrofon bekerja dengan baik. Berikut proses pendaftarannya:

Cara Mendaftar Upacara Virtual HUT RI Ke-76

1. Buka laman https://pandang.istanapresiden.go.id/

2. Pilih daftar video conferance

3. Isi poin formulir pendaftaran sesuai identitas diri seperti nama lengkap, NIK, negara, nomor WhatsApp, email aktif dan lainnya.

4. Setelah mengisi data diri, kemudian peserta akan diminta mengunggah kartu identitas dan swafoto dengan memegang identitas diri.

5. Pilih rangkaian acara yang ingin dihadiri, seperti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi atau Upacara Penurunan Bendera. Lalu klik simpan.

6. Perlu dicatat, data yang didaftarkan sepeti nomer WhatsApp dan email harus yang masih aktif. Sebab nantinya, peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran dan info selanjutnya menyoal rangkaian acara.

Rangkaian acara Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI:

1. Pukul 08.00 – 09.00 WIB: 17-an Live dari Istana

- Menyapa Peserta Upacara Virtual

- Hiburan Musik Akustik

- Kuis Berhadiah

2. Pukul 09.00 – 09.40 WIB: Acara Peringatan HUT Ke-76 RI

- Penampilan Kesenian

- Hiburan Musik

3. Pukul 09.40 – 11.02 WIB: Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI

- Upacara Peringatan Ke-76 Detik-Detik Kemerdekaan Republik Indonesia

Rangkaian Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih

1. Pukul 14.30 – 15.30 WIB: 17-an Live dari Istana

- Menyapa Peserta Upacara Virtual

- Hiburan Stand Up Comedy

- Kuis Berhadiah

2. Pukul 15.30 – 16.50 WIB: Acara Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 RI

- Penampilan Kesenian

- Hiburan Musik

3. Pukul 16.50 – 17.35 WIB: Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

- Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih