Ini Baru Pahlawan Sejati! Demi Donor Sel Induk Astley Rela Lepaskan Tiket  Semifinal Euro 2020
Sam Astley memilih tetap berdonor dari pada menonton semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang penggemar sepak bola memberikan tiketnya untuk menonton pertandingan semifinal Euro 2020, Rabu, 7 Juli, Inggris melawan Denmark di Stadion Wembley, London, karena bertepatan dengan rencananya untuk menyumbangkan sel induk.

Sam Astley dan pacarnya sebenarnya telah memenangkan tiket untuk pertandingan hari Rabu melalui kompetisi menit terakhir. Akan tetapi Astley tidak dapat hadir karena dia telah mendaftar untuk menjadi donor enam minggu sebelumnya.

Astley mengatakan kepada BBC bahwa "tidak ada kemungkinan" bahwa dia akan menunda prosedur tersebut. Ia bahkan malah memilih untuk menonton pertandingan dari ranjang rumah sakitnya.

Tindakannya ini mendapat pujian tinggi dari legenda sepak bola Gary Lineker dan badan amal kanker darah, Anthony Nolan Trust, yang menggambarkannya sebagai "pahlawan".

“Pahlawan Inggris tidak hanya berada di lapangan tadi malam, tetapi dalam bentuk pahlawan kita @samastley1 yang menyerah menghadiri semifinal untuk menyelamatkan nyawa seseorang dengan menyumbangkan selnya untuk seorang pasien,” kata Terence Lovell, chief engagement officer trust, yang juga menandai Astley dalam tweet.

Tak lama berselang, Vivo selaku sponsor Euro 2020 mengumumkan akan memberikan tiket ke final turnamen kepada Astley dan pacarnya.

Dalam sebuah posting di Twitter, pabrikan smartphone mengatakan: “Kami melihat ini dan ingin membantu Sam melaju ke final pada hari Minggu. Sam pantas berada di pertandingan itu dan kami ingin mewujudkannya!”

Inggris mengalahkan Denmark 2-1 dalam pertandingan Rabu setelah kapten Harry Kane mencetak gol kemenangan di perpanjangan waktu, membuat skuad mendapat tempat di final turnamen. Ini adalah pertama kalinya Inggris mencapai final turnamen internasional sejak 1966.

Menurut Stourbridge News, Astley mendaftar untuk memberikan sumbangan enam minggu lalu selama turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh teman pacarnya, Simon Wilkes.

“Simon sendiri menderita kanker darah sehingga [dia] mengundang Anthony Nolan ke acara amal dan mendorong sebanyak mungkin orang untuk mendaftar ke daftar,” kata Astley.

Sel induk disumbangkan dalam dua cara yang memungkinkan, baik dari darah atau sumsum tulang. Astley menjalani prosedur yang menghilangkan sel-sel dari sumsum tulang di tulang pinggulnya.

Penghapusan dilakukan dengan menggunakan jarum dan jarum suntik di bawah anestesi umum. Sebagian besar donor harus tinggal di rumah sakit hingga 48 jam setelah prosedur, dan pemulihan dapat memakan waktu hingga lima hari. Mungkinkah Astley hadir di stadion?