iPhone SE 2022 Masih Adopsi Desain Lama Tetapi Sudah 5G
FOTO: Apple

Bagikan:

JAKARTA - Apple sempat dikabarkan akan membuat sebuah perombakan desain khusus untuk iPhone SE 2022. Namun ternyata, rumor tersebut belum terbukti benar. Terbaru, iPhone SE 2022 akan mendukung konektivitas 5G.

 Mengutip Macrumors, Jumat 25 Juni, analis andal Ming-Chi Kuo mengungkapkan perusahaan diprediksi akan meningkatkan perangkat secara internal. Peningkatan terbesarnya adalah dukungan 5G dan prosesor baru. Meski dari segi desainnya, Apple akan tetap mengusung model iPhone 8 untuk iPhone SE 2022 tersebut.

Kemungkinan iPhone SE 2022 akan ditenagai penerus dari chipset A14 Bionic, yang belum diketahui namanya. Laporan juga mengatakan ini akan menjadi iPhone 5G termurah yang pernah ada. 

Ada desas-desus tentang ‌iPhone SE‌ Plus dengan layar yang lebih besar dan tombol daya Touch ID, yang juga telah disebutkan oleh Kuo di masa lalu, tetapi tidak ada kabar tentang ‌iPhone SE‌ yang lebih besar ini di catatan Kuo.

Kuo sebelumnya juga mengatakan Apple sedang mengembangkan iPhone 11 versi baru dengan layar 6 inci, dukungan Face ID, dan 5G, dan ada kemungkinan perangkat masa depan ini, yang dikatakan akan diluncurkan pada 2023, juga akan hadir pada seri iPhone SE.

Diprediksi, harganya pun akan di bawah iPhone 12 Mini, yaitu 699 dolar AS atau Rp10 jutaan. Tentu saja ini membuat iPhone SE 2022 akan hadir sebagai jajaran kelas bawah dari smartphone 5G Apple.

Sebelumnya JP Morgan Chase melaporkan, iPhone SE selanjutnya akan memiliki layar 6,1 inci, yang didasarkan pada desain iPhone 13 yang dirumorkan meluncur pada 2023.

Dengan perkiraan waktu rilis yang berbeda, bisa jadi ini merupakan dua perangkat yang berbeda pula. iPhone SE yang disebutkan Kuo mungkin versi kecil dari iPhone SE yang disebutkan Morgan.