Fitur Kamera Tembus Pandang Layaknya <i>X-ray</i> di OnePlus 8 Pro
Fitur kamera tembus pandang (Twitter @bengeskin)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak smartphone saat ini yang sedang berlomba-lomba untuk memaksimalkan kinerja kamera ponselnya. Mulai dari menambah jumlah lensa agar menangkap gambar lebih luas, hingga kemampuan memotret objek yang sangat jauh sekalipun.

Namun siapa sangka, kamera milik OnePlus 8 Pro justru punya kemampuan yang tak lazim untuk sebuah ponsel. Pasalnya kamera ponsel ini memiliki fitur yang mirip sensor x-ray, sehingga bisa melihat objek tertentu secara tembus pandang.

Dilansir dari The Verge, kemampuan kamera tembus pandang OnePlus 8 Pro ini, diketahui secara tidak sengaja dari efek filter Photochrom. Filter ini memungkinkan komputasi kamera di OnePlus untuk menangkap saturasi cahaya inframerah dari beberapa objek dengan material tertentu.

Misalnya lapisan plastik atau kain berwarna hitam, yang tidak terlihat transparan oleh mata manusia. "Kamera ini ternyata bisa menembus beberapa jenis plastik yang tidak memiliki IR shielding," tulis YouTuber Tekno Marques Brownlee di Twitter.

Sejatinya kamera belakang OnePlus 8 Pro tidak dibekali kemampuan x-ray, melainkan sensor inframerah yang ada di bagian belakang ponsel untuk memotret objek. Pihak OnePlus juga belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai fitur kamera tembus pandang di produknya.

Beberapa tech enthusiast, seperti Ben Geskin juga turut memamerkan trik 'x-ray' milik OnePlus 8 Pro. YouTuber Unbox Therapy juga membuat video rekasi bagaimana ponsel OnePlus 8 Pro bisa melihat bagian sejumlah objek seperti Apple TV, remote atau sekotak iPhone sekalipun terhalang kaus hitam.

Jauh sebelum OnePlus, di tahun 1998, Sony pernah terpaksa menarik atau recall untuk salah satu model camcorder besutannya karena bisa mengambil gambar tembus pandang. Hal itu terjadi lantaran sensor inframerah Sony yang berhasil menangkap spektrum cahaya dari suatu objek benda.