Kolaborasi Razer dan ClearBot Rancang Robot Pembersih Sampah di Laut
Robot pembersih sampah di laut (dok. Razer)

Bagikan:

JAKARTA - Razer mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan ClearBot untuk mengembangkan robot pembersih sampah di laut. Kerjasama ini dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Laut Sedunia untuk membersihkan sampah secara otomatis. 

Kolaborasi ini juga sejalan dengan program #GoGreenWithRazer yang bertujuan untuk lingkungan. Mengingat saat ini lebih dari 11 juta ton plastik yang memasuki lautan setiap tahunnya. 

Hal ini membuat Razer menjalin kerjasama dengan Tim ClearBot dalam merancang sebuah robot pembersih laut yang memadai. Lewat Green Investment, Razer berkontribusi dengan memberikan keahlian teknis dalam pengembangan ClearBot agar dapat dipasarkan secara masal.

“Kita sangat senang mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan sebuah perusahaan startup yang berfokus dalam menyelamatkan lingkungan. AI unik dan teknologi Machine Learning yang canggih milik ClearBot akan membantu pemerintah serta organisasi di seluruh dunia untuk memperluas upaya penyelamatan lingkungan," tulis Razer.

Robot baru yang dirancang dan sepenuhnya otomartis ini dipersenjatai dengan AI mutakhir serta kemampuan machine learning yang dapat mendeteksi limbah plastik laut dalam jarak 2 meter pada perairan bergelombang. Robot ini dapat mengumpulkan hingga 250 kg plastik dalam 1 siklus sembari bekerja dengan energi bertenaga surya.

Seperti diketahui, Maret lalu, Razer juga baru saja menggelar aksi lingkungan dengan gerakan #GoGreenWithRazer yang dipimpin oleh maskot lingkungannya yakni Sneki Snek. Dalam acara ini, Sneki Snek telah berhasil mencapai target menyelamatkan 300,000 pohon.

Mereka juga akan meluncurkan souvenir baru guna menyelamatkan lebih banyak pohon, yang akan diluncurkan di setiap target 100,000 pohon hingga tercapainya 1 juta pohon.