Kenalkan Widya Wicara, Speaker Pintar Asli Indonesia
Speaker pintar Widya Wicara (Instagram @WIdyawicara.id)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan perkembangan speaker pintar, semakin diminati. Tak hanya memutar musik, speaker pintar juga dirancang untuk menjadi asisten virtual yang serba bisa. 

Di luar sana, ada Google Home, Apple HomePod, Amazon Alexa dan masih banyak lagi. Terbaru ada Widya, smart speaker buatan asli dalam negeri yang bisa secara fasih berbahasa Indonesia.

Speaker pintar bernama lengkap Widya Wicara Prima ini, dibuat oleh PT Widya Informasi Nusantara. Layaknya smart speaker lainnya, Widya bisa merespon beragam perintah yang diucapkan dalam bahasa Indonesia. 

"Widya dapat menjadi sahabat terdekat orang-orang dan berinteraksi sebagai speaker pintar Indonesia," kata CMO Widya Informasi Nusantara, Handlee Susanto dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Selasa, 12 Mei.

Speaker Pintar Widya Wicara (Instagram @Widyawicara.id)

Dijelaskannya, Widya merupakan perangkat smart speaker dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP). Alhasil Widya dapat merespon perkataan dalam bahasa Indonesia secara natural dan interaktif.

Widya, juga siap bersaing dengan kompetitor lainnya yang mulai meluncurkan smart speaker. Beragam fitur seperti pemutar musik, radio, membaca Al-Qur'an, berita, perkiraan cuaca, kalender, alarm juga disematkan pada perangkat Widya.

Seluruh fitur dalam Widya dapat dilakukan hanya dengan komando suara, dengan mengucapkan, "Hai Widya" atau "Halo Widya". Kemudian secara interaktif Widya akan merespon dengan menyampaikan beragam informasi, ketika dikoneksikan internet. 

Fitur penunjang lainnya mencakup konektivitas Bluetooth 4.0, WiFi 2.4 GHz 802.11 b/g/n, kapasitas memori internal 8 GB, dan enam buah mikrofon. Karena punya storage internal, speaker ini juga bisa memainkan aneka konten audio yang tersimpan di dalamnya. 

Speaker pintar Widya juga sudah dijual secara online di Shoppe. Untuk penjualan offline, Widya Wicara akan hadir di beberapa kota seperti, Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. 

Produk ini dipasarkan dengan harga Rp1,5 juta. Speaker pintar Widya Wicara Prima tersedia dalam dua varian warna, yakni hitam dan putih.