Tips Sebelum Membeli Speaker Bluetooth
Ilustrasi speaker (JBL)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini speaker Bluetooth menjadi pilihan terbaik karena dapat digunakan di mana saja, baik di dalam maupun luar ruangan.

Karena rata-rata, speaker Bluetooth ini dapat di bawa ke mana saja karena bodinya yang cukup ringan dan tidak perlu disambungkan ke listrik, hanya ketika ingin mencharger saja.

Tetapi hingga kini banyak juga yang tidak mengetahui speaker Bluetooth seperti apa yang layak dibeli dan menjadi pilihan. Untuk itu, berikut VOI jabarkan beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih speaker Bluetooth untuk Anda dikutip dari berbagai sumber, Senin 21 Desember.

1. Speaker Bluetooth Portable

Agar mudah dibawa saat berpergian, seperti acara kumpul keluarga maupun berkemah, Anda dianjurkan untuk membeli speaker Bluetooth yang portabel. Ringkas dan ringan untuk dibawa.

Namun, agar speaker Bluetooth menjadi portabel, ia harus memiliki baterai internal. Daya tahan baterai untuk speaker portabel cenderung bertahan sekitar 6 sampai 10 jam, tetapi beberapa bertahan hingga 24 jam.

Salah satu speaker portabel yang dapat bertahan lama adalah JBL Flip 5, yang memiliki ketahanan 12 jam per sekali pengisian daya.

Untuk portabilitas tertinggi, perangkat seperti JBL Charge 4 juga dapat menjadi pilihan, karena bisa berfungsi ganda sebagai stasiun pengisian daya untuk ponsel dan tablet. Tentu saja ini berguna saat berkemah.

2. Kenali versi Bluetooth-nya

Saat ini, sebagian besar speaker Bluetooth menggunakan versi 4 atau versi 5.0, tidak ada perubahan besar pada kedua versi tersebut, tetapi itu dapat mengubah daya tarik speaker secara drastis.

Perlu dicatat, jangkauan nirkabel Bluetooth versi 5.0 maksimal pada 120 meter sedangkan versi 4.2 maksimal pada sekitar 30 meter saja.

Tentunya, versi 5 lebih cepat daripada versi 4. Bluetooth 5 memiliki kecepatan 2Mbps dan kompatibel dengan banyak perangkat rumah pintar, sedangkan versi 4.1 mencapai garis merah pada 1Mbps.  

Sebagian besar ponsel cerdas saat ini juga menggunakan Bluetooth 5.0. Keduanya kompatibel dengan versi Bluetooth yang lebih lama, tetapi dengan Bluetooth 5.0, Anda dapat memasangkan beberapa perangkat ke satu speaker.

3. Apakah Tahan Air?

Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan ke pantai maupun lautan, sebaiknya Anda memilih speaker Bluetooth yang memiliki ketahanan terhadap air, tetapi tidak luput untuk memperhatikan rating pada IP-nya.

Biasanya, speaker Bluetooth dengan peringkat IPX4 tahan cipratan dan tumpahan air. Sedangkan, speaker dengan peringkat IPX7, seperti JBL Xtreme 2, akan bertahan dari hujan deras.

Berlaku pula untuk speaker yang berperingkat IP67, satu-satunya perbedaan adalah mereka tahan debu. Namun, speaker dengan eringkat IP68, secara teori, menjamin bahwa speaker tersebut dapat berada di kedalaman 1,5m selama 30 menit.

4. Pilihlah Speaker Pintar

Sebagian besar speaker Bluetooth mampu melakukan lebih dari sekadar streaming musik. Saat ini sudah banyak ditemukan speaker pintar yang menyediakan akses ke asisten virtual seperti Amazon Alexa, Google Assistant, dan Siri.

Namun, beberapa perusahaan besar sepertj Amazon juga memiliki speaker pintar seperti Alexa tersedia di jajaran speaker Echo, Google memiliki seri Home, dan Apple menawarkan HomePod yang luar biasa.

Anda juga akan menemukan banyak speaker Bluetooth pihak ketiga yang telah dilengkapi mikrofon untuk panggilan bebas genggam dan dukungan asisten virtual yang diaktifkan oleh suara. 

5. Support aptX HD

Jika Anda peduli dengan kualitas suara atau audio dengan resolusi tinggi, ada baiknya Anda membeli speaker Bluetooth yang mendukung aptX HD, yakni codec audio yang mendukung streaming audio 24-bit melalui Bluetooth dan mengurangi distorsi.

Mayoritas speaker Bluetooth saat ini mendukung aptX, yang mentransmisikan musik pada 'CD-like' 16-bit / 44.1kHz.

Hal tersebut guna memancarkan streaming audio dengan resolusi tinggi dan dilengkapi Bluetooth dua arah, sehingga Anda dapat mengalirkan musik sambil mendengarkan musik dari speaker pula menggunakan headphone Bluetooth. Di sisi lain, Anda juga harus memerlukan smartphone yang mampu mengalirkan audio aptX HD.