Smartwatch Facebook Bakal Disematkan Dual Kamera
Ilustrasi (Photo Artur Luczka / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ambisi Facebook menghadirkan perangkat keras akan menemukan titik terang. Pasalnya, perusahaan dikabarkan sedang mengerjakan jam tangan pintar yang bakal diluncurkan pada musim panas mendatang.

Smartwatch Facebook didesain khusus untuk pecinta olahraga. Menurut laporan yang dikutip dari Ubergizmo, Kamis 10 Juni, perangkat ini akan menampilkan layar dengan dua kamera yang dapat dilepas dari pergelangan tangan untuk mengambil gambar dan video yang dapat dibagikan ke seluruh rangkaian aplikasi Facebook, termasuk Instagram.

Itu artinya selain sebagai smartwatch, Facebook membayangkan pengguna menggunakan jam tangan itu sebagai alat fotografi, atau bahkan mungkin semacam pengaturan panggilan video.

Adapun kamera depan dapat digunakan untuk panggilan video, sedangkan yang di belakang akan mampu menangkap rekaman hingga 1080p. Selain itu, Facebook bekerja sama dengan operator nirkabel teratas di AS untuk mendukung konektivitas LTE di jam tangan, yang berarti tidak perlu dipasangkan dengan ponsel. Jam tangan pintar ini akan datang dalam warna putih, hitam, dan emas.

Facebook juga dikatakan sedang berdiskusi dengan perusahaan lain untuk membantu membuat aksesori jam tangan yang dapat di sematkan pada tas ransel.

Idenya adalah mendorong pemilik jam tangan untuk menggunakannya dengan cara yang digunakan smartphone sekarang. Ini adalah bagian dari rencana CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk membangun lebih banyak perangkat konsumen yang menghindari Apple dan Google, sebagai dua pembuat platform ponsel dominan yang sebagian besar mengontrol kemampuan Facebook untuk menjangkau orang.

Smartwatch Facebook ini tentu saja membuka area persaingan lain dengan Apple pada saat dua raksasa teknologi sudah berselisih di bidang lain. Apple secara agresif memposisikan dirinya sebagai pelindung privasi dengan membatasi jenis data yang dapat dikumpulkan oleh aplikasi seperti Facebook, sementara Facebook selama bertahun-tahun dikepung oleh skandal terkait penanganan data pengguna.

Dinamika itu dapat menciptakan perjuangan berat bagi Facebook untuk meyakinkan orang agar membeli pesaing Apple Watch yang akan datang, terutama karena ia juga berencana untuk memposisikan jam tangan sebagai perangkat kebugaran dengan monitor detak jantung.

Diketahui sebelumnya, Facebook pernah mencoba membuat perangkat keras yakni ponsel ketika mereka berkolaborasi dengan HTC, tetapi itu gagal. Sejak saat itu perusahaan berkembang ke produk lain seperti headset VR dan sistem Portalnya.