Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Digital bersama dengan operator seluler di Indonesia, terus melakukan pengawasan kualitas jaringan telekomunikasi seluler selama 24 jam tanpa henti.

Menurut Wakil Menteri Komdigi Angga Raka Prabowo, upaya ini sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto yang meminta agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik dalam perjalanan selama masa liburan Nataru 2024/2025.

Namun selain melakukan monitoring, Komdigi juga mengajak masyarakat untuk menggunakan aplikasi Sigmon sebagai sarana untuk memantau kualitas layanan telekomunikasi di daerah masing-masing.

Tidak hanya memantau, Plt. Direktur Jenderal Ekosistem Digital Wayan Toni Supriyanto juga mengatakan bahwa aplikasi tersebut bisa digunakan masyarakat untuk melaporkan adanya gangguan jaringan di wilayah mereka.

“Nanti masyarakat akan menyampaikan apabila ada hal-hal yang sifatnya ada down dari sisi kualitasnya, nanti itu muncul ticketing namanya, nanti ticketing ini akan disampaikan ke masing-masing operator yang menangani masalah jaringannya,” jelas Wayan dalam siaran resminya dikutip Senin, 30 Desember.

Sementara itu, Wamen Angga mengungkapkan bahwa trafik penggunaan layanan telekomunikasi diperkirakan meningkat antara 7-20 persen selama libur Nataru.

Komdigi berharap, dengan koordinasi yang baik antara Kementerian Komdigi dengan operator seluler dapat memberikan manfaat dan layanan yang sebaik-baiknya untuk seluruh masyarakat.

c