JAKARTA – Watermark tidak hanya diperlukan untuk gambar, tetapi juga untuk dokumen penting. Dengan adanya watermark, suatu dokumen tidak akan bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Watermark bisa ditambahkan dengan mudah melalui Microsoft Word. Jika Anda ingin memasukkan watermark ke dalam suatu dokumen, baik milik pribadi maupun perusahaan, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.
Buka dokumen Word yang telah dibuat. Pilih tab Design di bagian atas lembar kerja. Klik Watermark yang berada di sisi kanan. Pilih posisi watermark yang diinginkan.
Anda bisa memilih untuk menggunakan watermark yang disediakan Microsoft atau menggunakan watermark dari hasil kustomisasi. Jika menggunakan bawaan Word, watermark-nya akan bertuliskan 'Confidential'.
BACA JUGA:
Jika Anda ingin melakukan kustomisasi, Anda bisa mengklik menu Custom Watermark di menu drop-down Watermark. Nantinya, Anda akan melihat jendela pengaturan yang terbuka.
Anda bisa memilih bahasa yang diinginkan, seperti bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, lalu memasukkan kata yang diinginkan di kolom Teks. Anda bisa memasukkan nama kelompok, individu, ataupun nama perusahaan.
Masih di jendela yang sama, Anda bisa mengatur posisi watermark seperti horizontal atau vertikal, mengubah font yang digunakan, dan mengubah ukuran teksnya. Jika sudah diatur sesuai preferensi, klik tombol OK di bagian bawah.