JAKARTA - Aplikasi SubsCrab, alat manajemen langganan yang membantu pengguna melacak langganan daring dan memantau biaya dari Kaspersky menyebutkan bahwa rata-rata pengguna mengelola 12 langganan daring.
Dalam sebuah survei yang dilakukan secara anonim selama Januari-Agustus 2024 itu mengungkapkan bahwa langganan daring yang sering ditemukan termasuk Netflix, Spotify, dan YouTube Premium, dan layanan paling populer di seluruh dunia.
“Dengan semakin beragamnya penawaran, jumlah langganan pengguna cenderung bertambah, begitu pula anggaran yang dihabiskan untuk langganan tersebut,” kata Kirill Yurkin, Kepala SubsCrab.
Menurut survei SubsCrab, layanan streaming adalah kategori yang paling banyak berlangganan, dengan 22% pengguna mendaftar untuk platform ini.
Namun, layanan multi langganan yang menggabungkan TV & film, gim, internet, dan telekomunikasi, juga semakin populer, menarik 16% pelanggan. Sementara itu, langganan untuk platform musik hanya 8% saja.
Selain layanan streaming, alat produktivitas, telekomunikasi, dan layanan pengiriman merupakan kelompok langganan daring yang signifikan di luar hiburan.
Microsoft 365, Adobe Creative Cloud, LinkedIn Premium, Canva, dan Discord berada di antara 20 layanan terpopuler di sebagian besar negara.
BACA JUGA:
ChatGPT, yang digunakan untuk bekerja dan hiburan, telah tumbuh sebesar 296% dibandingkan dengan tahun 2023, menjadi layanan berbasis langganan yang tumbuh paling cepat di seluruh dunia.
Langganan daring lain yang tumbuh pesat adalah YouTube Premium (122%), Telegram Premium (73%), X Premium (64%) dan Snapchat+ (59%).
Mengenai langganan yang paling sering dibatalkan, SubsCrab menyebutkan bahwa Netflix, YouTube Premium, dan Spotify memimpin sebagai langganan yang paling sering dibatalkan.