Bagikan:

JAKARTA – Apple dikabarkan sedang mengembangkan perangkat smart home baru yang terinspirasi dari desain klasik iMac G4. Perangkat ini akan hadir dalam dua versi, yaitu versi dengan lengan robotik dan versi lain yang memiliki dasar bergaya iMac G4.

Rumor mengenai ekspansi perangkat smart home Apple telah beredar sepanjang tahun 2024. Sebelumnya, dilaporkan bahwa Apple sedang mengerjakan perangkat smart home dengan lengan robotik, tetapi kini muncul informasi baru bahwa Apple juga tengah menyiapkan perangkat lain dengan desain yang lebih sederhana dan terjangkau.

Menurut laporan dari buletin Bloomberg yang diterbitkan pada hari Minggu, perangkat kedua ini akan berukuran kecil dengan layar persegi yang setara dengan dua iPhone berdampingan. Layar ini akan diposisikan miring di atas dasar bulat, mirip dengan desain dasar iMac G4. Basis tersebut kemungkinan akan dilengkapi dengan speaker dan komponen elektronik lainnya.

Perangkat ini akan menggunakan sistem operasi baru yang mendukung beberapa aplikasi gaya iPadOS, memungkinkan pengguna untuk menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Namun, tujuan utamanya adalah sebagai pusat kontrol smart home, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengelola perangkat rumah pintar mereka.

Versi ini diperkirakan akan lebih terjangkau dibandingkan versi dengan lengan robotik, yang disebut akan memiliki layar lebih besar dan lebih cocok untuk kebutuhan pemutaran media serta panggilan video. Versi dengan lengan robotik tersebut kemungkinan akan dibanderol sekitar 1.000 dolar AS (Rp15,6 juta) dan diharapkan tidak akan dirilis sebelum tahun 2026. Sementara itu, informasi harga dan jadwal rilis untuk versi bergaya iMac G4 belum diumumkan.

Apple berharap kehadiran perangkat-perangkat ini dapat memperluas ekosistem perangkat rumah pintarnya dan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola perangkat pintar di rumah.