Bagikan:

JAKARTA - Proyek kripto Worldcoin, yang dibentuk Sam Altman dan Alex Blania, kini semakin dekat dengan targetnya untuk mendapatkan 1 miliar pengguna. Pada 17 Oktober lalu, Altman dan Blania mengumumkan pembaruan penting terkait upaya mereka dalam meningkatkan jumlah pengguna dan memastikan verifikasi identitas manusia melalui teknologi blockchain. Saat ini, Worldcoin, yang telah berganti nama menjadi World Network, telah berhasil mengumpulkan 15 juta pengguna, dengan sekitar 7 juta di antaranya sudah terverifikasi.

Sejak diperkenalkan lima tahun lalu, World Network memulai perjalanannya dengan World ID sebagai solusi bukti identitas manusia di era digital. Proyek ini kemudian meluncurkan token asli mereka, Worldcoin (WLD), yang dirilis pada tahun lalu.

Kini, fokus utama tim pengembang adalah memperbesar skala dan memperluas desentralisasi jaringan guna mencapai target ambisius 1 miliar pengguna terverifikasi. Blania, yang juga menjabat sebagai CEO Tools for Humanity, menegaskan pentingnya tahap ketiga dari proyek ini, yaitu memperluas cakupan pengguna secara global.

Perkenalkan Orb Terbaru

Dalam pembaruan terbarunya, Sam Altman, yang juga dikenal sebagai pendiri OpenAI, menyoroti peran penting World Network sebagai lapisan dasar identitas manusia di dunia maya, terutama di tengah pesatnya perkembangan kecerdasan buatan (AI). Untuk mendukung rencana ini, tim World Network memperkenalkan Orb versi terbaru, sebuah perangkat yang digunakan untuk memindai iris mata guna memverifikasi identitas unik setiap pengguna. Produksi perangkat ini kini didistribusikan secara global sebagai upaya memperluas desentralisasi jaringan.

Tidak hanya itu, perangkat Orb ini akan ditempatkan di kafe-kafe serta ruang publik lainnya, dan bahkan dapat dipesan sesuai permintaan layaknya memesan makanan cepat saji. Fitur ini diharapkan dapat mempercepat adopsi teknologi di kalangan masyarakat luas. Perangkat Orb baru tersebut diperkirakan akan tersedia pada musim semi 2025.

Selain itu, World Network juga memperkenalkan teknologi Deep Face, yang akan mengintegrasikan World ID dengan wajah pengguna untuk mencegah penyalahgunaan data seperti deep fake, yang semakin marak. Pembaruan lainnya mencakup pengembangan aplikasi World App, yang akan dilengkapi dengan super mini-app yang menawarkan layanan dompet digital serta vault untuk menyimpan aset kripto dengan bunga pasif. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk berbelanja dan mengirim uang secara global dengan biaya rendah atau bahkan tanpa biaya.