Bagikan:

JAKARTA - Perangkat Android tampaknya akan segera mengalami kemajuan dalam teknologi pengisian daya nirkabel, dengan hadirnya OPPO Find X8 dan Xiaomi 15 series yang diprediksi akan dilengkapi dengan teknologi pengisian nirkabel magnetik. Ini merupakan langkah signifikan bagi smartphone Android yang selama ini tidak memiliki fitur magnetik seperti iPhone untuk menyelaraskan kumparan pengisian secara efisien.

Menurut laporan dari tipster Digital Chat Station di Weibo, OPPO telah mengembangkan power bank magnetik yang dapat dipasangkan dengan seri Find X8. Semua perangkat dalam seri ini dilengkapi dengan magnet, memungkinkan pengalaman pengisian daya yang mirip dengan teknologi MagSafe dari Apple. Bahkan, gambar dari power bank magnetik OPPO telah beredar, menunjukkan bagaimana perangkat ini dapat mengoptimalkan pengisian daya.

Xiaomi juga tidak ketinggalan, dengan meluncurkan pengisi daya nirkabel magnetik ultra-tipis berdaya 30W yang sudah mendapatkan sertifikasi CQC di China. Pengisi daya ini memiliki model MDY-17-EY, dengan dukungan input hingga 65W dan output nirkabel maksimum sebesar 30W. Xiaomi sudah menjual tiga model power bank magnetik, masing-masing dengan desain yang berbeda, dan dijual dengan harga mulai dari 129 yuan (Rp278, ribu) hingga 249 yuan (Rp537 ribu).

Pengisian daya nirkabel magnetik ini diyakini akan menyelesaikan masalah yang sering terjadi pada perangkat Android, di mana posisi kumparan pengisian yang tidak tepat menyebabkan ketidaksesuaian dengan charger nirkabel. Dengan penambahan magnet, kumparan dapat tetap berada pada tempatnya dan memungkinkan pengisian daya lebih efisien, bahkan saat pengguna sedang bepergian.

Namun, masih belum jelas apakah kedua seri ponsel ini akan mengadopsi standar pengisian nirkabel Qi2 yang lebih baru. Kehadiran teknologi ini diharapkan dapat membuat pengisian daya nirkabel pada perangkat Android semakin praktis dan efisien,