Bagikan:

YOGYAKARTA - Besaran daya listrik di setiap rumah bisa berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Mengingat daya listrik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, setiap pemilik rumah harus tahu macam-macam daya listrik rumah tangga. 

Apabila daya listrik sebuah rumah memiliki kapasitas besar, maka peralatan elektronik bisa dijalankan secara bersamaan pun juga lebih banyak. Begitu pula sebaliknya, rumah dengan daya listrik kecil harus menjaga penggunaan peralatan elektronik lebih sedikit. 

Demi kemudahan dan kenyamanan penghuni rumah untuk beraktivitas sehari-hari, setiap rumah disarankan menggunakan listrik dengan daya sesuai kebutuhan. Pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan listrik dengan besaran kapasitas yang tersedia. Lantas apa saja macam-macam daya listrik berdasarkan besaran tegangan atau Vol Ampere (VA). 

Macam-Macam Daya Listrik Rumah Tangga

Ada beberapa macam daya listrik rumah tangga yang ditawarkan oleh PLN. Secara umum daya listrik rumah tangga tersedia dalam tiga golongan, yaitu R-1, R-2, dan R-3. Berikut ini rincian dari golongan daya listrik tersebut:

  • R-1 terdiri dari 450 VA, 900 VA, 900 VA-RTM, 1.300 VA, dan 2.200 VA. 
  • R-2 terdiri dari 3.500-5.500 VA. 
  • R-3 untuk daya listrik 6.600 VA ke atas.

Pemakaian Daya Listrik Sesuai Besaran VA

Setiap kategori daya listrik menyalurkan kapasitas listrik yang berbeda-beda berdasarkan angkanya. Berikut ini penjelasan mengenai penggunaan daya listrik sesuai kategori VA untuk mendapatkan gambarannya. 

Daya Listrik 450 VA

Jenis daya listrik rumah tangga yang pertama adalah 450 VA (Volt Ampere). Saat ini, pemasangan baru untuk daya 450 Volt Ampere hanya tersedia di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Namun masih banyak rumah tangga yang tetap menggunakan daya listrik 450 Volt Ampere.

Karena kapasitasnya yang paling kecil, penggunaannya pada daya listrik ini pun terbatas dan tidak memungkinkan untuk banyak peralatan elektronik. Daya listrik 450 Volt Ampere cukup untuk menyalakan sekitar 12 lampu dengan daya 36 Watt.

Bagaimana jika ingin menggunakan perangkat elektronik lain seperti mesin cuci, setrika, atau AC? Pengguna daya listrik 450 Volt Ampere masih dapat menggunakan setrika atau mesin cuci, namun harus mematikan perangkat lain terlebih dahulu karena konsumsi daya yang besar.

Daya Listrik 900 VA

Jenis daya listrik rumah tangga berikutnya adalah 900 Volt Ampere. Pengguna masih bisa mengajukan pemasangan listrik baru dengan kapasitas 900 VA. Daya ini lebih besar dibandingkan dengan 450 VA.

Dengan kapasitas yang lebih tinggi, kategori daya listrik ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan lebih banyak peralatan elektronik. Jika pada daya 450 VA sulit untuk menjalankan beberapa alat elektronik secara bersamaan, hal ini berbeda dengan daya 900 VA.

Rumah tangga dengan daya listrik 900 Volt Ampere dapat mengoperasikan beberapa perangkat elektronik sekaligus, seperti menyetrika, menonton televisi, menggunakan mesin cuci, dan menyalakan lampu.

Perkiraan daya listrik yang dibutuhkan untuk beberapa perangkat yang bisa digunakan dengan kapasitas 900 VA antara lain: 

Kulkas = 100 Watt 

Televisi = 130 Watt

Mesin cuci = 300 Watt

Daya Listrik 1300 VA

Daya listrik berkapasitas 1300 VA memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada penggunanya. Dengan daya listrik sebesar ini, pengguna dapat mengoperasikan lebih banyak perangkat elektronik. 

Daya listrik 1.300 VA sangat cocok untuk rumah tangga dengan kebutuhan perangkat listrik yang lebih banyak. Rumah yang lebih besar tentu memerlukan lebih banyak lampu, sehingga kebutuhan daya listrik juga meningkat.

Bagi pengguna daya listrik rumah tangga 1.300 Volt Ampere, berikut beberapa perangkat yang dapat dijalankan: AC, setrika, mesin cuci, dispenser, mixer, blender, kulkas, TV LED, microwave, dan lainnya.

Daya Listrik 2200 VA

Kapasitas daya listrik ini tergolong besar, sehingga memungkinkan penggunaan berbagai peralatan elektronik dalam jumlah yang cukup banyak. Beberapa perangkat dengan daya tinggi, seperti microwave atau oven, masih bisa digunakan bersamaan dengan peralatan elektronik lainnya.

Untuk rumah tangga, daya listrik 2.200 VA termasuk besar. Kapasitas ini juga ideal bagi keluarga yang menjalankan bisnis dari rumah, seperti usaha katering, mebel skala kecil, atau usaha UMKM lainnya yang memerlukan penggunaan beberapa peralatan listrik.

Namun, jika banyak peralatan elektronik yang perlu dinyalakan sekaligus, ada baiknya mempertimbangkan untuk mematikan sebagian peralatan lainnya demi menjaga kestabilan daya listrik.

Demikianlah penjelasan macam-macam daya listrik rumah tangga yang harus dipahami oleh setiap keluarga atau pemilik rumah. Agar aktivitas di rumah bisa lancar dan nyaman, sebaiknya memilih daya listrik dengan kapasitas sesuai kebutuhan penghuninya. Baca juga tips memilih kabel untuk instalasi listrik

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.