Bagikan:

JAKARTA - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengumumkan mengundurkan diri dari jabatannya per tanggal 13 Agustus 2024.

“Jadi hari ini, tepat 3 tahun 4 hari saya melaksanakan kerja-kerja komunikasi publik. Nah waktu 3 tahun tentu masih terlalu singkat untuk sebuah pengabdian kepada Indonesia. Ya tetapi, mengabdi dan mencintai Indonesia itu bisa dari mana saja. Oleh karena itu, saya mengundurkan diri dari posisi Dirjen IKP Kominfo per 13 Agustus,” kata Usman dalam pernyataannya Kamis, 14 Agustus. 

Usman mengungkapkan bahwa pengunduran dirinya ini murni karena keinginannya, dan tidak ada sangkut paut apapun dengan tekanan dari luar maupun tekanan politik yang terjadi. 

“Saya sudah 3 tahun, butuh penyegaran untuk diri saya dan organisasi. Belum cukup untuk mengabdi tapi mengabdi bisa di luar pemerintahan,” jawab Usman ketika ditanya alasan di balik pengunduran dirinya. 

Dia mengaku telah menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Dirjen IKP Kominfo kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi pada 13 Agustus. Kendati demikian, keputusan ini menurutnya bukanlah keputusan yang mendadak. 

“Nggak juga ya (mendadak), tergantung ukuran waktunya apa. Kalau ukuran waktunya hari, ini tidak mendadak, tapi kalau ukuran bulan, ini mendadak. Tapi menurut kita, nggak lah. Ini ada proses dari pekan lalu, jadi saya kira nggak mendadak,” ujarnya lebih lanjut. 

Dengan pengunduran dirinya ini, Usman berharap Kementerian Kominfo akan cepat memilih penggantinya. Karena menurutnya, masih banyak tugas Ditjen IKP yang perlu diselesaikan. 

“Saya pribadi berharap lebih cepat, karena banyak pekerjaan. Tapi pengganti kan urusan yang lain, bukan urusan saya. Tapi saya pribadi maunya cepat karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan,” tuturnya.