Bagikan:

JAKARTA - CapCut, aplikasi penyuntingan video dari ByteDance mengumumkan akan berhenti menawarkan penyimpanan cloud gratis untuk menampung aset kreatif mulai 5 Agustus mendatang. 

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa pengguna bahkan telah menerima pemberitahuan tentang CapCut yang mengubah ketentuannya untuk tingkatan gratis ini. 

“Perubahan penyimpanan ruang dan batas anggota berikut ini akan dilakukan mulai 5 Agustus 2024. Penyimpanan gratis tidak akan tersedia lagi,” tulis pemberitahuan itu dari pengguna X @TheeQueenJay1. 

Meski demikian, perusahaan mengatakan bahwa Anda masih dapat mendownload proyek dan file yang ada, namun Anda tidak dapat mengupload yang baru atau membuat perubahan. 

Untuk menggunakan semua fitur ruang, Anda perlu berlangganan paket penyimpanan. Nantinya, ruang juga akan dibatasi untuk 2 anggota secara default. 

“Batas anggota akan dikurangi dari 5 menjadi 2, artinya Anda hanya dapat berkolaborasi dengan 1 orang dalam satu ruang. Untuk mengundang lebih banyak anggota, Anda perlu meningkatkan ke Teams,” tambah perusahaan. 

Hingga saat ini, perusahaan tersebut menyediakan penyimpanan cloud gratis sebesar 1 GB, dan ini akan segera dihapus. 

CapCut menawarkan paket seharga 2,49 dolar AS (Rp40 ribu) per bulan untuk penyimpanan 100GB dan paket seharga 7,49 dolar AS (Rp121 ribu) per bulan untuk penyimpanan 1000GB.