Bagikan:

JAKARTA - Pada  2019, Nike mendekati mimpinya untuk mempopulerkan sepatu self-lacing dengan merilis Adapt BB. Menggunakan Bluetooth, sepatu ini terhubung ke aplikasi Adapt yang memungkinkan pengguna untuk mengencangkan atau melonggarkan tali sepatu serta mengontrol lampu LED-nya.

Sayang, Nike baru saja mengumumkan bahwa mereka akan "menghentikan" aplikasi tersebut pada  6 Agustus, sehingga aplikasi tersebut tidak lagi dapat diunduh dari Apple App Store atau Google Play Store; dan tidak akan diperbarui lagi.

Dalam pengumuman yang baru-baru ini ditemukan oleh The Verge, penjelasan singkat Nike untuk menghentikan aplikasi tersebut adalah bahwa Nike "tidak lagi membuat versi baru dari sepatu Adapt." Perusahaan mulai memberi tahu pemilik sepatu tentang penghentian aplikasi ini sekitar empat bulan lalu.

Mereka yang sudah membeli sepatu ini masih dapat menggunakan aplikasi setelah tanggal 6 Agustus, tetapi diperkirakan bahwa pembaruan iOS atau Android akan membuat aplikasi ini tidak dapat digunakan. Selain itu, mereka yang mendapatkan perangkat baru tidak akan dapat mengunduh Adapt setelah tanggal tersebut.

Tanpa aplikasi, pemakai tidak dapat mengubah warna lampu LED pada sepatu. Lampu akan tetap mempertahankan skema warna terakhir yang dipilih melalui aplikasi atau, menurut Nike, "jika Anda tidak menginstal aplikasi, lampu akan menjadi warna default."

Meskipun pemilik masih dapat menggunakan tombol pada sepatu untuk menyalakan atau mematikan sepatu, memeriksa baterai, menyesuaikan kekencangan tali sepatu, dan menyimpan pengaturan kecocokan, kemampuan untuk mengubah pencahayaan dan mengontrol sepatu melalui ponsel adalah salah satu poin penjualan utama dari sepatu seharga $350 ini.

Meskipun Adapt BB adalah versi ketiga dari sepatu self-lacing Nike dan yang paling banyak tersedia, sepatu ini tampaknya akan kehilangan beberapa fitur yang paling dipasarkan. Nike masih mempertahankan aplikasi seluler lain yang langsung terkait dengan fungsi sepatu, seperti aplikasi belanja dan aplikasi Run Club untuk melacak aktivitas lari.

Kekecewaan Para Sneakerhead

Pemilik Adapt BB telah menyampaikan kekecewaannya setelah mengetahui berita ini. Seorang pengguna Reddit yang mengklaim memiliki beberapa pasang sepatu ini menyebut berita ini "hyper bullshit," sementara pengguna lain menggambarkannya sebagai "kekecewaan yang sangat besar."

Beberapa berharap bahwa Nike akan membuat aplikasi ini menjadi open-source sehingga pelanggan dapat mempertahankan fungsi asli dan penuh dari sepatunya. Namun, Nike belum berbagi rencana untuk melakukan hal ini. Ars Technica telah menanyakan hal ini kepada perusahaan, tetapi belum menerima tanggapan sebelum waktu publikasi.

Seseorang dengan nama Maverick-1776 di Reddit menulis: "Sepatu ini sangat mahal saat keluar. Saya tidak mengerti mengapa mendukung aplikasi ini menjadi masalah besar. Itu tidak berarti mereka perlu mendedikasikan tim pengembang. ..."

"Mudah-mudahan aplikasi ini tidak menghilang jika Anda sudah menginstalnya. Saya suka menggunakan aplikasi untuk melihat berapa banyak baterai yang tersisa, atau hanya bermain-main dengan LED."

Taizan dari Reddit mengatakan perusahaan seperti Nike harus "menawarkan alternatif atau mengeluarkan barang ke domain publik ketika mereka melakukan hal-hal seperti ini," menambahkan: "Keberlanjutan juga melibatkan pemeliharaan produk masa lalu, baik digital maupun tidak."

"Saya keluar. Sialkan mereka."

Beberapa mungkin tidak terkejut bahwa upaya Nike untuk mengomersialkan sepatu dari Back to the Future Part II menemui hambatan. Nike, misalnya, juga menghentikan NikeConnect, aplikasinya untuk jersey NBA seharga 200 dolar AS (Rp3,2 juta) yang diumumkan pada tahun 2017 yang mengubah pemakai menjadi emas pemasaran.

Pengguna sneaker biasa mungkin akan mengabaikan fitur-fitur mencolok dari Adapt BB, tetapi sepatu ini memiliki kekurangan bawaan yang juga bisa membuat penggemar sneaker frustrasi. Tidak butuh waktu lama, misalnya, untuk pembaruan perangkat lunak yang direkomendasikan menyebabkan sepatu rusak, termasuk membuatnya tidak dapat dipakai oleh siapa saja yang ingin mengencangkan tali sepatu (saat itu, Nike mengatakan masalah ini mempengaruhi sejumlah kecil pemilik).

Pengalaman teknologi Nike memainkan peran, karena pengujian perusahaan dilaporkan tidak sepenuhnya mempertimbangkan semua model ponsel yang berbeda yang digunakan dan kemampuan Bluetooth mereka yang bervariasi.

Pembaruan sepatu Nike yang rusak adalah peringatan awal tentang apa yang terjadi ketika produk mahal diikat dengan teknologi yang dijalankan oleh perusahaan dengan pengalaman teknologi terbatas.

Pengguna Reddit rtuite81 menyebut penghentian Adapt "sepenuhnya diharapkan, tetapi membuat frustrasi." Mereka menambahkan:

"Saya tahu hari ini akan datang ... Saya hanya tidak berpikir itu akan terjadi begitu cepat LOL. Saya baru memiliki ini selama sedikit lebih dari setahun dan memakainya sekitar 15 kali. Mudah-mudahan ponsel saya saat ini bertahan lebih lama daripada sepatu ini."

Tahun ini, sudah di laporkan tentang pelanggan dari banyak perusahaan—termasuk Amazon, Oral-B, dan Spotify—yang mengecewakan para pengadopsi awal proyek ambisius mereka yang terkait dengan teknologi.

Seperti yang kita lihat saat ini dengan AI, perusahaan-perusahaan sangat ingin memaksakan teknologi ke dalam produk yang sebenarnya tidak membutuhkannya untuk membedakan diri dan menghasilkan uang. Tetapi ini membuat pelanggan menjadi subjek uji coba tidak sengaja untuk produk yang pada akhirnya akan ditinggalkan. Dan ketika pelanggan seperti henkmanz dari Reddit kecewa, mereka kehilangan kepercayaan pada produk-produk yang trendi tersebut:

"Saya selesai dengan produk yang didukung oleh aplikasi, sekarang. Jika Anda tidak bisa mempercayai perusahaan multi-miliar dolar seperti Nike untuk terus mendukung sepatu, bagaimana Anda bisa mempercayai pembuat pemanggang roti atau pembuat mobil? Saya keluar. Sialkan mereka."