Bagikan:

JAKARTA - Di tengah melemahnya tren Bitcoin beberapa waktu ke belakang, beberapa Altcoin justru terlihat mengalami peningkatan termasuk XRP, koin meme Brett (Based), dan Lido DAO (LDO).

Tren lanskap kripto yang terus berkembang memasuki semester kedua tahun 2024 ini juga dinilai dapat membawa peluang dan tantangan bagi para investor, terutama pada pasar altcoin. 

Chief Operating Officer (COO) Upbit Indonesia, Resna Raniadi, menyatakan optimismenya terhadap potensi besar dalam pasar aset digital di semester kedua tahun 2024, terutama dengan semakin banyaknya perusahaan besar yang mulai ikut berinvestasi dan mendiversifikasi asetnya.

“Ini adalah indikator kuat bahwa pasar kripto semakin diakui sebagai aset yang berharga,” kata Resna dalam pernyataannya yang diterima pada Senin, 24 Juni.

Upbit yang merupakan crypto exchange terkemuka dari Korea Selatan pun menyebutkan berbagai faktor dan tren yang diperkirakan akan mempengaruhi dinamika pasar altcoin di Indonesia.

Peningkatan Adopsi Teknologi Blockchain

Meningkatnya pemahaman dan penerimaan teknologi blockchain di berbagai sektor, termasuk keuangan, telah menciptakan permintaan yang lebih tinggi terhadap altcoin yang berfungsi sebagai aset dasar bagi banyak proyek blockchain. 

Regulasi yang Mendukung

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk menciptakan kerangka regulasi yang mendukung pertumbuhan industri kripto. Hal ini diharapkan dapat memberikan kejelasan dan perlindungan bagi investor, sekaligus mendorong inovasi dan perkembangan altcoin di pasar lokal.

Peningkatan Minat Investor Institusional

Semakin banyaknya lembaga keuangan dan perusahaan besar yang mulai melirik altcoin sebagai bagian dari portofolio investasi mereka menunjukkan kepercayaan yang meningkatkan terhadap potensi jangka panjang dari aset digital ini.

Perkembangan pesat sektor DeFi (Decentralized Finance)

DeFi terus menjadi salah satu sektor yang paling cepat berkembang dalam ekosistem kripto, menawarkan layanan keuangan yang lebih terbuka dan inklusif tanpa perantara layanan keuangan tradisional.