Bagikan:

JAKARTA - Penipuan kripto atau scamming tiada henti-hentinya, lonjakan kasus pencurian crypto di Base chain, milik Coinbase dilaporkan mengalami lonjakan. Menurut data dari platform anti-penipuan Web3 real-time, Scam Sniffer, Base mengalami peningkatan aktivitas penipuan sebesar 145% yang mencengangkan selama bulan April.

Laporan Phishing April yang dirilis Scam Sniffer mengungkapkan bahwa Base chain mengalami peningkatan signifikan dalam kasus pencurian crypto, meskipun secara keseluruhan sektor ini mengalami penurunan. Platform ini mencatat bahwa dua dari sepuluh pencurian terbesar pada bulan April terjadi di Base, menghasilkan total kerugian sebesar 21% dari total pencurian yang tercatat.

Base chain telah mengalami peningkatan aktivitas penipuan yang mengkhawatirkan sejak Januari, dengan total kenaikan mencapai 1.900%. Hal ini berakibat pada kerugian kumulatif sebesar 170.000 dolar AS akibat penipuan phishing.

Secara keseluruhan, Scam Sniffer melaporkan total 34.619 korban kehilangan lebih dari 38,6 juta dolar AS pada bulan April. Angka ini menunjukkan penurunan 46% dibandingkan dengan bulan Maret. Platform ini mencatat bahwa 88% dari semua aset yang dicuri adalah token ERC20.

Metode penipuan yang umum digunakan adalah dengan membuat akun Twitter palsu dan memposting komentar menyesatkan untuk menipu pengguna. Scam Sniffer juga menyoroti penggunaan wallet drainer, alat malware ilegal yang dirancang untuk menguras dompet crypto secara cepat setelah mendapatkan akses ilegal.

Salah satu serangan terbesar yang terjadi di Base chain adalah serangan terhadap Hedgey Finance, yang mengakibatkan kerugian sebesar 47 juta dolar AS . Bulan lalu, seorang hacker juga berhasil mencuri jutaan dolar nilai token Arbitrum (ARB) dan memindahkan sebagian dana tersebut ke bursa Bybit. Serangan besar lainnya adalah kehilangan 3 juta dolar AS nilai token crypto oleh bursa Fix Float, yang dilacak ke penyedia pihak ketiga.

Peringatan dan Upaya Pencegahan

Scam Sniffer dan platform keamanan lainnya menghimbau pengguna untuk berhati-hati dan waspada terhadap berbagai modus penipuan. Berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan:

  • Verifikasi informasi dengan teliti: Hindari mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal. Pastikan untuk memverifikasi alamat situs web dan akun media sosial sebelum berinteraksi.
  • Gunakan dompet kripto yang aman: Simpan aset kripto Anda di dompet kripto yang memiliki reputasi baik dan teruji keamanannya. Aktifkan fitur keamanan seperti otentikasi dua faktor (2FA) dan multi-signature (multisig).
  • Tetap update dengan informasi terbaru: Pantau perkembangan dan modus penipuan terbaru di dunia kripto. Ikuti akun media sosial platform keamanan dan komunitas kripto terpercaya.
  • Laporkan aktivitas mencurigakan: Jika Anda mencurigai aktivitas penipuan atau menemukan akun palsu, segera laporkan kepada platform terkait dan komunitas kripto.

Lonjakan kasus pencurian crypto di Base chain menjadi pengingat penting bagi pengguna untuk selalu waspada dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dengan edukasi dan kolaborasi antar komunitas, platform, dan pihak berwenang, keamanan di dunia kripto dapat ditingkatkan dan risiko penipuan dapat diminimalisir.