Langkah Mendisinfeksi <i>Smartphone</i> Agar Terhindar dari Virus COVID-19
Ilustrasi smartphone (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan merebaknya wabah virus COVID-19 secara global, saat ini masyarakat dituntut lebih peduli soal kesehatan. Tidak hanya mencuci tangan dengan teratur, tetapi banyak yang belum tahu bahwa ponsel cerdas mereka dan perangkat lainnya pun turut membawa kuman serta virus yang menempel.

Mengapa hal ini diperlukan? Sebab, smartphone kita diklaim merupakan sarang dari segala bakteri yang ada. Untuk itu, sebaiknya dilakukan pembesihan dan disinfeksi secara rutin.

Namun, ada tata cara membersihkan ponsel dengan benar dan hati-hati, sebab jika tidak dilakukan dengan alat dan cara yang benar. Bisa merusak ponsel Anda. Berikut VOI informasikan bagaimana membersihkan dan mendisinfeksi smartphone Anda dengan benar.

1. Keluarkan ponsel Anda dari casingnya. Jika terbuat dari bahan yang aman untuk dicuci, seperti silikon dan plastik keras, rendam casing Anda terlebih dahulu dengan air hangat dan biarkan mengering di udara.

Catatan: Jika casing Anda terbuat dari kulit atau bahan mewah lainnya, coba cari pembersih khusus untuk bahan Anda. Pembuat case Anda kemungkinan akan memiliki pedoman pembersihan di situs web mereka atau di dalam kotak case.

2. Menggunakan cotton bud (alat pembersih telinga) untuk menyeka dengan lembut di sekitar lubang suara, speaker, dan berbagai port pada gawai Anda.

Berhati-hatilah saat mengusap port USB-C atau Lightning agar tidak meninggalkan serat di belakang. Jangan melepaskan bagian apa pun di dalam port. Jika cotton bud tidak sesuai dengan port USB-C atau Lightning Anda, gunakan sikat kecil yang disertakan dalam alat pembersih ponsel atau sikat gigi kecil yang lembut.

3. Selanjutnya, gunakan tisu khusus untuk pembersih layar ponsel, jika tidak memilikinya Anda bisa menggunakan tisu basah biasa, lalu usap layar dan badan ponsel. Walaupun tisu khusus ponsel tersebut tidak memiliki bahan kimia yang keras seperti Lysol atau Clorox wipes,  namun kelembaban masih cukup untuk menghilangkan lapisan atas kotoran dan kuman dari ponsel Anda.

Jika ada goresan yang tersisa setelah menggunakan tisu basah, gunakan kain mikrofiber atau handuk dapur bersih berbahan halus untuk menyeka layar dari goresan. Setelah ponsel dan casing benar-benar kering, Anda bisa menggunakannya kembali.

Catatan: Jangan menggunakan pembersih rumah tangga, pelarut, dan semprotan aerosol untuk membersihkan gadget Anda, karena dapat menyebabkan perubahan warna dan juga merusak ponsel.