Sensor Fingerprint di Samsung Galaxy S23 Bermasalah karena Pembaruan One UI 6.1
Masalah sensor fingerprint di seri Galaxy S23 (foto: dok. Samsung)

Bagikan:

JAKARTA – Sejumlah perangkat Samsung Galaxy telah mendapatkan pembaruan One UI 6.1, salah satunya adalah Galaxy S23. Pembaruan sistem ini tidak hanya membawa pembaruan, tetapi juga membawa masalah.

Mengutip dari 9to5google, beberapa pengguna Galaxy S23, Galaxy S23+, dan Galaxy S23 Ultra mengatakan bahwa sensor sidik jari di perangkat mereka tidak mau berfungsi. Masalah ini mulai terjadi setelah mereka menginstal pembaruan One UI 6.1.

Kerusakan ini tidak bertahan lama karena sensor sidik jari pada akhirnya kembali berfungsi. Namun, saat sensornya sudah bisa digunakan, ikon sensor sidik jarinya terus menghilang dari layar sehingga pengguna harus mengetuk layar beberapa kali.

Ini merupakan masalah yang tidak biasa dan sangat mengganggu bagi beberapa pengguna. Meski belum dikonfirmasi, sepertinya sensor yang tidak berfungsi dengan baik ini terjadi karena bug atau kecacatan yang muncul di pembaruan One UI 6.1.

Hingga saat ini, Samsung belum meluncurkan perbaikan untuk masalah pada sistem sensor ini. Kemungkinan besar, masalah ini akan teratasi setelah Samsung meluncurkan pembaruan One UI 6.1 berikutnya, yaitu patch keamanan untuk bulan April.

Sensor fingerprint yang tidak berfungsi ini bukan satu-satunya masalah yang terjadi karena pembaruan One UI 6.1. Beberapa pengguna Galaxy S23, Galaxy Z Fold 5, dan perangkat Galaxy lainnya mengeluhkan masalah pada saat pengisian daya.

Melalui platform Reddit, para pengguna mengatakan bahwa pengisian daya ponsel mereka menjadi sangat lambat. Selain itu, ponsel mereka juga menjadi lebih panas. Meski tidak sampai overheat, masalah ini tetap mengganggu dan harus segera diatasi.