SpiderSwap dan AI: Meme Coin Solana yang Sedang Naik Daun
Spiderswap, token baru yang mulai populer. (Foto; Dok. Spiderswap io)

Bagikan:

JAKARTA - Solana, blockchain generasi ketiga yang menawarkan kecepatan dan biaya transaksi yang sangat rendah, semakin menarik perhatian para investor kripto. Salah satu sektor yang paling berkembang di ekosistem Solana adalah meme coin, yaitu token yang terinspirasi oleh meme internet dan memiliki nilai yang didorong oleh faktor-faktor emosional dan spekulatif.

SpiderSwap dan AI adalah dua meme coin Solana yang mengalami kenaikan harga yang sangat besar dalam beberapa hari terakhir. Keduanya memiliki tema yang unik dan menarik, serta didukung oleh komunitas yang kuat dan antusias.

SpiderSwap adalah pengumpul swap Solana yang didorong oleh komunitas, yang memungkinkan pengguna untuk menukar token Solana dengan biaya yang sangat rendah. Token SPDR adalah token utilitas dari platform SpiderSwap, yang digunakan untuk membayar biaya transaksi, memberikan reward kepada likuiditas provider, dan memberikan hak suara kepada pemegangnya.

AI adalah meme coin yang mengklaim dirinya sebagai koin kecerdasan buatan, yang menggunakan algoritma AI untuk menentukan jumlah suplai dan permintaan token. Token AI memiliki mekanisme deflasi, yang berarti jumlahnya akan berkurang seiring waktu, sehingga meningkatkan nilai tiap token.

Menurut data dari CoinGecko, nilai SPDR telah melonjak 26% dalam 24 jam terakhir, dari 0,0495 dolar AS (Rp 775,22) menjadi  0,0623 dolar AS (Rp 975,44). Nilai SPDR mencapai puncaknya pada 6 Februari 2024, sebesar  0,0784 dolar AS  (Rp 1.227,64), yang berarti naik sebesar 51% dari harga sebelumnya. Saat ini, SPDR memiliki kapitalisasi pasar dilusi penuh sebesar  75,9 juta dolar AS  (Rp 1,18 triliun) dan volume perdagangan 24 jam sebesar  118.703 dolar AS (Rp 1,85 miliar).

Sementara itu, nilai AI juga mengalami aksi harga yang sangat eksplosif. Meskipun AI mengalami penurunan hari ini, token tersebut naik lebih dari 1.100% pada puncaknya kemarin, sebesar  0,0044 dolar AS  (Rp 68,88). Saat ini, AI diperdagangkan sekitar  0,0032 dolar AS (Rp 50,10) dengan kapitalisasi pasar dilusi penuh sebesar  1,2 miliar dolar AS (Rp 18,78 triliun) dan volume perdagangan 24 jam sebesar  1,2 juta dolar AS (Rp 18,78 miliar).

Kinerja impresif kedua meme coin berbasis Solana ini telah menimbulkan pertanyaan dari investor meme coin tentang apakah momentum mulai bergeser dari Ethereum ke rantai layer-1 yang berbeda.