Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari sepertiga bisnis di Eropa mengadopsi kecerdasan buatan (AI) pada tahun 2023, dengan lonjakan penggunaan generative AI. Hal ini diungkapkan dalam laporan yang dipesan oleh Amazon Web Services (AWS).

Komisi Eropa, lembaga eksekutif Uni Eropa, telah menetapkan visi Digital Decade 2030 pada tahun 2021 untuk mengubah wilayah tersebut, dengan target 80% populasi memperoleh keterampilan dasar digital, konektivitas 5G di seluruh tempat, dan 75% perusahaan UE menggunakan layanan cloud.

Pada tahun 2022, hanya seperempat bisnis UE yang mengadopsi AI, dan laporan tahun lalu memperkirakan bahwa Uni Eropa berisiko tertinggal dari target Digital Decade-nya selama sepuluh tahun ke depan kecuali pemerintah fokus untuk menutup kesenjangan keterampilan.

"Tahun lalu menjadi titik balik; dari Malmo ke Milan, ketersediaan generative AI menciptakan antusiasme untuk eksperimen di kalangan konsumen dan bisnis," kata Tanuja Randery, Direktur Manajemen di AWS, dikutip VOI dari Reuters. "Pengadopsian AI yang dipercepat tahun lalu telah membantu Eropa mencapai tujuan Digital Decade-nya," tambahnya.

Survei yang dilakukan oleh Strand Partners terhadap lebih dari 16.000 warga dan 14.000 bisnis menemukan bahwa 38% perusahaan sedang bereksperimen dengan AI. Laporan tersebut memperkirakan dampak ekonomi positif AI sekitar 600 miliar euro, di atas perkiraan sebelumnya sebesar 2,8 triliun euro.