Xiaomi Buka Program Beta untuk Menguji ROM HyperOS
Xiaomi buka pengujian HyperOS (foto: dok. Xiaomi)

Bagikan:

JAKARTA – Xiaomi, perusahaan elektronik asal China, membuka perekrutan bagi para pengguna yang ingin menguji sistem operasi (OS) HyperOS. Pendaftaran ini bisa diakses di Komunitas Xiaomi.

Pengembang HyperOS ini mengatakan bahwa pengguna bisa mendapatkan pembaruan over-the-air (OTA) atau pembaruan perangkat lunak yang dikirim langsung oleh produsen. Namun, para pengguna harus mendaftar terlebih dahulu.

Sebelum melakukan pendaftaran, Xiaomi mengatakan bahwa pengujian ini belum dibuka secara global. Pengujian ROM Beta ini juga masih dicoba oleh Xiaomi sehingga beberapa pengguna yang tidak terdaftar diharapkan untuk menunggu.

Jika Anda menjadi bagian yang bisa mendaftar di Komunitas Xiaomi, pastikan untuk membuat cadangan data terlebih dahulu. Setelah itu, buka aplikasi Komunitas Xiaomi versi terbaru, lalu ubah wilayah karena penguji ROM stabil hanya dibuka di situs global.

Untuk mengubah lokasi, klik bagian Profil, kemudian buka Pengaturan dan pilih Ubah Wilayah. Pastikan untuk memilih global untuk mendapatkan tahap pengujian pertama. Menu Beta Testing atau Pengujian Beta akan muncul di laman Profil.

Jika rekrutmen pengujian beta belum muncul, Anda harus menunggu pembaruan dari Xiaomi. Namun, jika tombol pengujian sudah terlihat, pastikan kunci bootloader (BL) dalam keadaan aktif agar peralihan dari MIUI ke HyperOS berjalan dengan lancar.

Ada beberapa kasus di mana update gagal dilakukan meski kunci BL sudah diaktifkan. Ketika Anda mengalami hal ini, Xiaomi meminta Anda untuk pergi ke toko atau gerai Xiaomi terdekat untuk melakukan pemeriksaan perangkat lebih lanjut.