Bagikan:

JAKARTA - Yandex, perusahaan teknologi internasional dan search engine berbasis Machine Learning bekerja sama dengan Kominfo dalam kampanye Artificial Intelligence (AI) di Universitas Gajah Mada pada 27 Desember 2023.

Kampanye AI dalam serangkaian seminar ini membahas perkembangan kecerdasan buatan dengan tajuk “Latest Developments in Artificial Intelligence”. Alexander Popovskiy selaku VP Strategy Yandex Search dan Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria hadir sebagai pengisi acara tersebut. Selain itu, turut hadir pula Ketua Masyarakat AI Indonesia, Dr. Ir. Lukas dan Dekan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Dr. Rr Siti Murtiningsih.

AI telah menjadi hype di berbagai kalangan dalam beberapa bulan terakhir baik di lingkungan global maupun di Indonesia. Nezar Patria menilai bahwa AI merupakan bagian dari kebangkitan AI secara masif atau global rise yang dapat memberikan dampaknya tersendiri.

Oleh karena itu, pemerintah berupaya meminimalisir risiko terkait AI dengan meluncurkan surat edaran etika penggunaan AI untuk pelaku usaha yang menggunakan kecerdasan buatan pada 19 Desember lalu.

  

Sementara itu, Popovskiy menyampaikan bahwa Yandex bertujuan menciptakan forum berbagi pengalaman dalam seminar tersebut dengan berfokus pada topik Artificial Intelligence dan perannya bagi lingkungan teknologi yang aman.

“Tujuan kami tidak hanya menciptakan forum untuk berbagi pengalaman yang relevan selama seminar ini, namun juga memberikan nilai lebih pada topik AI dan perannya dalam menciptakan lingkungan teknologi yang lebih aman, yang kami yakini akan berkontribusi pada pembangunan secara keseluruhan di komunitas digital dan teknologi di Indonesia,” ujar Popovskiy.           

“Kami yakin akan berkontribusi pada komunitas digital dan teknologi di Indonesia,” tambahnya.

Informasi saja, sejak 1997, Yandex telah mewujudkan produk navigasi dan pencarian kelas dunia serta melakukan ekspansi ke e-commerce, hiburan online, cloud computing, serta pasar lainnya untuk membantu jutaan pelanggan di dunia.