Bagikan:

JAKARTA - Coinbase, bursa kripto terkemuka asal Amerika Serikat, baru saja meluncurkan layanan transfer uang ke berbagai negara secara instan. Pengiriman instan ini bisa dilakukan dengan menggunakan stablecoin USDC, aset kripto yang nilainya terikat dengan nilai dolar AS.

Berbeda dengan metode transfer uang melalui bank, transfer uang secara instan yang digagas Coinbase ini akan dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi media sosial. Coinbase mengklaim bahwa layanan ini akan mempermudah pengguna dompet kripto mereka untuk mengirim uang ke seluruh dunia tanpa perlu repot dengan proses transfer bank yang rumit.

Lebih lanjut, Coinbase menjelaskan bahwa pengguna kini bisa mengirim uang ke mana saja di dunia dengan menggunakan platform media sosial populer seperti WhatsApp, Telegram, Facebook, iMessage, TikTok, Instagram, atau bahkan email.

"Bayangkan Anda ingin mengirim uang kepada keluarga atau teman di negara lain. Alih-alih berurusan dengan kompleksitas nomor rute, nomor rekening bank, [biaya] transfer yang mahal, biaya bank, dan menunggu hingga lima hari kerja agar uang tersedia, cukup gunakan tautan dari Coinbase Wallet untuk mengirim melalui aplikasi pesan dan sosial favorit Anda tanpa biaya dan penyelesaian instan...” menurut keterangan Coinbase.

Ini merupakan terobosan besar dalam memudahkan transaksi keuangan, terutama bagi mereka yang berada di negara-negara dengan akses terbatas ke sistem keuangan global. Pengiriman bisa dilakukan dengan menggunakan dompet digital untuk menyimpan aset kripto yang dimiliki Coinbase yaitu Coinbase Wallet. Nantinya, pengguna dapat membuat link atau tautan dari dompet kripto itu.

Dompet kripto Coinbase Wallet sudah tersedia di lebih dari 130 negara. Ini  memungkinkan pengiriman uang tanpa biaya dengan menggunakan USDC. Selain itu, Coinbase juga berencana untuk terus memperluas akses global dengan menyediakan opsi untuk membeli aset digital di sebanyak mungkin negara.

Dengan layanan ini, pengguna bisa mengirim uang kepada keluarga atau teman di negara lain tanpa harus berurusan dengan nomor rute, nomor rekening bank, biaya transfer kawat yang mahal, dan waktu tunggu hingga lima hari kerja agar uang tersedia. Cukup menggunakan tautan atau link dari Coinbase Wallet untuk mengirim melalui aplikasi pesan dan sosial favorit Anda tanpa biaya dan penyelesaian instan.

Layanan ini tentunya akan memberikan dampak signifikan pada ekosistem kripto global, memudahkan transaksi, dan membuka peluang baru bagi penggunaan kripto dalam kehidupan sehari-hari.