Nama Gedung MK di Google Maps Berubah Jadi Mahkamah Keluarga, Emang Bisa? Begini Caranya
Nama Mahkamah Konstitusi di Google Maps berubah menjadi Mahkamah Keluarga (foto: twitter @narkosun)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini, tepatnya pada 24 Oktober, ramai beredar tangkapan layar di mana nama gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia yang diubah menjadi Mahkamah Keluarga oleh seorang warganet.

Namun, ketika artikel ini ditulis, VOI telah melihat nama lokasi yang diubah menjadi Mahkamah Keluarga kini sudah kembali ke awal, yaitu Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Kejadian mengubah nama lokasi atau tempat di Google Maps ini bukanlah kejadian pertama. Sebelumnya, hal serupa juga pernah terjadi terhadap gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Sekitar bulan Juli lalu, beberapa nama gedung di kawasan DPR juga diganti menjadi "PERKUMPULAN TIKUS BERDASI", "GEDUNG KORUPSI", PETERNAKAN TIKUS", dan juga "PEMBASMI TIKUS."

Apakah Semua Orang Bisa Mengubah Nama Lokasi di Google Maps?

Mengganti nama lokasi di Google Maps memang dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah perubahan nama ini tidak akan langsung terjadi. Melainkan pihak Google Maps akan melakukan peninjauan terlebih dahulu sebelum nama tersebut disetujui dan berubah.

"Kami meninjau hasil edit Anda, sehingga perubahan yang Anda buat mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk diperbarui pada peta," tulis Google yang dikutip VOI dari laman bantuannya.

Bagaimana Cara Mengubah Nama Lokasi di Google Maps?

Nah, untuk mengubah nama lokasi di Google Maps, Anda bisa melakukannya dengan cepat melalui smartphone Anda hanya dengan beberapa langkah yang akan VOI berikan berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Telusuri tempat atau pilih tempat tersebut pada peta
  3. Pilih Suggested an edit lalu Change name or other details
  4. Ikuti petunjuk di layar dan isi semua kotak yang tersedia untuk menambahkan detail lokasi tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan foto.
  5. Setelah selesai, kirim masukan Anda dengan mengklik Submit.

Google juga memberikan saran untuk menambahkan foto yang tersedia secara publik, dan mencantumkan nama Anda untuk membantu Google dalam memverifikasi saran Anda.