Platform X Hadirkan Langganan Baru, Premium Basic dan Premium+
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Platform media sosial X mengumumkan penambahan tingkatan berlangganan baru yang disebut dengan Premium+, dengan harga yang lebih tinggi daripada yang dasar.

Langganan Premium+ akan dibanderol dengan harga 16 dolar AS (Rp255 ribu) per bulan, dengan fitur yang ada sebelumnya di langganan Premium, serta kemampuan untuk menghilangkan iklan di kedua timeline pengguna, yakni For You dan Following.

Selain menghapus iklan dari timeline pengguna, X mengatakan dalam sebuah tweet bahwa pelanggan Premium+ akan mendapatkan peningkatan algoritmik yang lebih besar dalam balasan dibandingkan dengan pelanggan yang membayar tingkat premium yang lebih murah.

X juga meluncurkan paket berlangganan Premium Basic dengan harga 3 dolar AS (Rp48 ribu), dengan kemampuan yang lebih terbatas dibandingkan langganan Premium dan Premium+.

Dengan langganan Premium Basic, pengguna tidak akan mendapatkan tanda centang biru atau bagi hasil. Sebaliknya, ia menawarkan tambahan seperti pengeditan tweet, posting yang lebih panjang, kemampuan untuk mengunduh video.

Sebagai catatan, tampaknya kedua tingkatan langganan baru tersebut hanya tersedia melalui web, untuk saat ini.

Rencana berlangganan baru ini hadir karena bisnis periklanan X terus menurun, dan perusahaan semakin bergantung pada pendapatan berlangganan.

X juga baru-baru ini juga mulai menguji program yang mengharuskan semua pengguna baru di beberapa negara membayar 1 dolar AS (Rp15,9 ribu) per tahun untuk mengirim dan membalas tweet.