Makin Canggih, Rancangan Robot Kini Bisa Dibuat dalam Hitungan Detik dengan AI
Algoritme berbasis AI terbaru kini bisa ciptakan desain robot dalam waktu singkat (foto: dok. Northwestern University)

Bagikan:

JAKARTA – Robot memang berevolusi dengan kecanggihan Kecerdasan Buatan (AI). Namun, evolusi ini semakin mengejutkan dengan pembuatan desain awal robot yang hanya memakan waktu 26 detik.

Para ilmuwan memang terus mengembangkan AI untuk membentuk desain robot, mulai dari cara mereka berjalan hingga menavigasi medan. Namun, biasanya rancangan ini memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Northwestern University berhasil membuat rancangan robot dengan AI hanya dalam waktu 26 detik, kabar yang sebenarnya sulit dipercaya. Keberhasilan ini sendiri akan segera dipublikasikan dalam bentuk jurnal.

Desain robot dalam waktu singkat ini berhasil dilakukan karena sejumlah peneliti di Northwestern University berhasil mengembangkan AI pertama yang mampu merancang robot dimulai dari desainnya.

AI yang mereka temukan menggunakan algoritme yang berbeda daripada umumnya, yakni membutuhkan daya yang sangat besar. Northwestern University menjelaskan bahwa AI yang mereka ciptakan tidak terikat pada batasan kreativitas manusia.

Algoritme berbasis AI ini mampu melewati halangan pada evolusi dan tidak bergantung dengan desain manusia. Para peneliti hanya perlu memberi tahu model robot yang mereka inginkan, kemudian menekan tombol untuk membuat robotnya.

Program AI yang mereka kembangkan akan menghasilkan cetakan berwarna biru yang bentuknya sulit dijelaskan. Ketika balok kecil ini dihasilkan, AI akan mencetak ulang balok untuk menilai desain, mengidentifikasi sejumlah kekurangan, dan mengukir struktur yang belum sempurna.