Apa Itu Blue Light pada HP? Ini Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya pada Manusia
Ilustrasi blue light (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak banyak orang tahu apa itu blue light pada HP. Seperti namanya, blue light secara umum merujuk pada keberadaan cahaya di bagian layar ponsel smartphone, komputer, atau gadget jenis lainnya. Lalu apa itu blue light pada HP sebenarnya?

Mengenal Apa Itu Blue Light pada HP

Seperti namanya, blue light adalah sinar terang berwarna biru yang dipancarkan oleh layar di piranti digital seperti ponsel, tablet, televisi, dan sebagainya. Blue light pada ponsel sebenarnya berfungsi sebagai penerangan pada light-emitting diode (LED) sehingga gambar visual yang tampil pada layar bisa terlihat jelas dan terang. Akan tetapi ponsel atau perangkat elektronik berlayar bukan satu-satunya sumber blue light.

Dikutip dari AI Care, blue light atau sinar biru merupakan salah satu spekrum cahaya yang memiliki gelombang pendek sekitar 415-455 nm dengan tingkat energi yang tinggi. Sumber blue light paling besar dihasilkan oleh matahari. Sehingga secara alamiah manusia dan makhluk hidup pada dasarnya telah memanfaatkan blue light dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya manusia membutuhkan blue light. Secara alamiah blue light membantu mata tetap aktif dan terjaga. Selain itu sinar biru juga mengambil peran dalam mengatur suasana hati dan ritme sirkadian.

Efek Samping Blue Light Berlebih

Meski memiliki manfaat, blue light juga mendatangkan dampak negatif pada kesehatan jika manusia mendapatkan terlalu banyak dan sering paparan blue light dalam sehari.

Dalam UC Davis Health dikatakan bahwa pada dasarnya paparan blue light yang berasal dari layar buatan memang masih tergolong sedikit dibanding jumlah paparan sinar matahari. Namun yang dikhawatirkan adalah efek jangka panjang dari blue light yang berasal dari perangkat digital yang dikonsumsi terlalu lama dan terlalu dekat dengan mata. Adapun efek samping kesehatan yang disebabkan oleh blue light adalah sebagai berikut.

  1. Mata Mudah Lelah

Blue light yang menyebabkan mata manusia fokus selama menatap layar secara bersamaan membuat mata mudah lelah atau digital eyestrain. Kondisi ini biasa dialami oleh pekerja yang menatap gawai atau laptop terlalu lama. Saat kondisi itu terjadi, mata juga akan kehilangan kelempannya. Kelalahan pada mata akan memicu masalah lain seperti iritasi, sakit kepala, hingga kekauan otot mata.

  1. Menurunkan Kualitas Tidur

Blue light juga berpotensi mengganggu ritme sirkadian atau ritme yang mengatur siklus tidur selama 24 jam. Pada sebuah penelitian yang terbit di Chronobiology International, seseorang yang terpapar blue light selama 2 jam saat malam hari akan berdampak produksi melatonin.

Fungsi hormon melatonin adalah untuk memicu rasa kantuk sehingga mudah tertidur. Sedangkan paparan sinar biru di saat malam hari akan mencegah seseorang dari rasa kantuk. Akibatnya tentu pada kacaunya jam tidur hingga penurunan kualitas tidur.

Itulah penjelasan dari apa itu blue light pada HP. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.