Apa Itu Procedural Generation dalam Gim dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Contoh gim yang menggunakan Procedural Generation (foto: Minecraft)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda seorang gamer, Anda pasti pernah mendengar istilah Procedural Generation. Secara garis besar, Procedural Generation merupakan pembuatan data menggunakan algoritma, yang biasa digunakan dalam pembuatan konten gim.

Apa Kegunaan Procedural Generation? 

Lebih lengkapnya, Procedural Generation ini biasanya digunakan untuk membuat konten untuk video gim atau film animasi, seperti lanskap, objek 3D, desain karakter, animasi, atau dialog karakter non-pemain.

Konsep ini sering digunakan dalam video gim untuk menciptakan dunia dalam skala besar yang secara teori tidak terbatas, seperti Minecraft.

Dengan hanya mengikuti beberapa aturan untuk pembuatan medan menggunakan Procedural Generation, Minecraft akan menghasilkan dunia berbasis bloknya dalam potongan blok berukuran 16 kali 16. 

Jadi, ketoka pemain memasuki bongkahan baru untuk pertama kalinya, bongkahan di sekitarnya akan dihasilkan, membentuk gunung, pepohonan, gua, dan fitur lanskap lainnya.

Mudahnya, mengutip dari Makeuseof, alih-alih membangun peta sepotong demi sepotong, gim yang dihasilkan secara prosedural menggunakan algoritma untuk menciptakan dunia mereka.

Bahkan jika Anda memainkan permainan berulang kali, gim tersebut akan memberi Anda lingkungan yang unik dengan setiap permainan. Selain itu, generasi prosedural tidak terbatas pada menciptakan dunia fisik permainan. 

Keuntungan Menggunakan Procedural Generation

Berdasarkan sebuah jurnal yang berjudul "Implementasi Procedural Generation untuk Membangun Level Tactical RPG dengan menggunakan Metode Occupancy Regulated Extension" mahasiswa Universitas Brawijaya menyebutkan beberapa keuntungan membuat gim menggunakan Procedural Generation, di antaranya adalah :

  1. Dapat mengurangi beban kerja artist dan desainer.
  2. Memperbanyak keanekaragaman konten yang dibangkitkan sehingga dapat meningkatkan replayability dari permainan.
  3. Memangkas waktu dan uang yang diperlukan oleh pembuat permainan untuk membangun permainan mereka.

Terkait