YouTube Music Punya Fitur Komentar, Pendengar Bisa Tanggapi Lagu dari Musisi Favorit
YouTube Music mendapatkan fitur paling kontroversial yakni komentar di layar Now Playing yang didesain ulang (foto : dok. 9to5Google)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube Music baru saja mendapatkan fitur paling kontroversial yakni komentar di layar Now Playing yang didesain ulang, di mana pendengar bisa memberikan tanggapan mereka untuk lagu yang didengar.

Pada aplikasi utamanya YouTube, kolom komentar bukanlah tempat yang paling harmonis sepanjang masa dan tidak ada alasan bagus untuk mengintegrasikannya, dimana musisi akan mendapatkan komentar buruk.

Pada bagian tab Now Playing, pendengar akan dapat membaca dan menambahkan komentar mereka sendiri untuk menanggapi lagu tersebut.

Menurut laporan, tampilan kolom komentar di YouTube Music persis seperti aplikasi utamanya. Fitur yang diuji coba pada Juni lalu ini, telah memperlihatkan perubahan User Interface (UI), diluncurkan secara luas di Android dan iOS.

Sampul album sekarang terlihat lebih besar dari sebelumnya, namun berada di bagian atas untuk memberi ruang bagi tombol carousel yang dibentuk secara horizontal antara nama artis dan bilah pencarian.

Pada tab carousel, terdapat tombol untuk Suka, Tidak Suka, Menambahkan Komentar, Menyimpan, Membagikan dan Mengunduh trek, atau beralih ke Radio-nya. Sebelumnya, banyak opsi tersebut hanya muncul ketika pendengsr mengetuk sampul album.

Tetapi, pendengar masih dapat mengetuk sampul album untuk menampilkan layar penuh dengan ikon yang muncul di sudut kanan bawah.

Dengan rangkaian kontrol baru di layar Now Playing membuat YouTube Music semakin menyerupai aplikasi utama YouTube serta lebih unggul dari pesaingnya, Spotify, Apple Music dan lainnya.

YouTube Music juga memiliki perubahan UI yang lebih kecil seperti tombol Putar atau Jeda berwarna putih dan pengalih musik atau video di bagian atas, yang sebelumnya menggunakan tema dinamis Material You, seperti dikutip dari Android Police dan 9to5Google, Jumat, 1 September.