Bagikan:

YOGYAKARTA - Kota Jakarta tengah jadi perbincangan karena tingkat polusi udaranya yang sangat parah. Namun ada kota-kota lain di Indonesia yang juga tergolong berada dalam polusi udara paling berat. Di era digital saat ini, Anda bisa mengecek sendiri kualitas udara di kota atau tempat tinggal Anda. Ada beberapa aplikasi cek kualitas udara yang bisa Anda gunakan. 

Mengingat ada beberapa kota di Indonesia yang kualitas udaranya buruk, masyarakat pun perlu mewaspadai paparan polusi udara. Paparan udara kotor bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, terutama penyakit pernapasan seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), hingga bronkritis kronis. 

Untuk bisa mengantisipasi sejak dini dampak polusi udara, Anda dapat memanfaatkan aplikasi cek kualitas udara. Jadi Anda bisa memantau perkembangan kondisi udara di kota Anda setiap saat secara praktis cukup lewat ponsel. 

Aplikasi Cek Kualitas Udara

Berikut ini beberapa aplikasi cek kualitas udara yang bisa Anda unduh dan gunakan di Android dan iPhone:

IQAir AirVisual

AirVisual menghadirkan layanan untuk mengukur dan memantau polusi udara di tingkat perkotaan. Pengguna dapat memilih lokasi yang ingin dicek kualitas udaranya, kemudian aplikasi ini akan mengumpulkan informasi polusi dari pusat terdekat. 

Untuk memberikan data yang akurat, AirVisual juga mengambil informasi polusi dari sumber-sumber resmi pemerintah. Aplikasi ini ini juga menyediakan fitur berupa peta grafis untuk memeriksa status polusi udara di tempat spesifik melalui tampilan dunia. 

Nafas

Aplikasi cek kualitas udara yang satu ini merupakan platform buatan dalam negeri. Aplikasi yang dikembangkan oleh NAFAS Indonesia ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu melalui Play Store. Nafas didesain untuk membantu mengelola informasi terkait paparan polusi udara. 

Aplikasi ini terkoneksi dengan jaringan sensor pemantau kualitas udara di luar ruangan yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Yogyakarta, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur Clean Air Zone, yang memungkinkan pengguna mengakses direktori lokasi publik di Jakarta yang memiliki kualitas udara dalam ruangan yang sehat.

Air Matters

Air Matters telah lama hadir sebagai platform untuk mengecek kualitas udara. Aplikasi ini menyajikan informasi kualitas udara secara real-time pada lebih dari 180 negara. Dalam penggunaannya, aplikasi ini menampilkan indeks kualitas udara yang datanya didapatkan dari stasiun pemantauan terdekat. Air Matters versi gratis disertai oleh iklan, sementara ada juga versi premium yang dapat diakses dengan biaya tahunan.

BreezoMeter

BreezoMeter merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi mengenai kualitas udara, kondisi cuaca, hingga peringatan kebakaran. Dengan menggunakan teknologi canggih, BreezoMeter dapat menghitung kualitas udara secara akurat dan real-time. 

Aplikasi BrezzoMeter telah tersedia di lebih dari 92 negara, termasuk Indonesia, dan dapat didownload dan instal dengan mudah. Aplikasi ini memiliki lebih dari 7.000 stasiun pemantauan resmi kualitas udara di seluruh dunia. 

Plume Labs

Plume Labs juga hadir sebagai aplikasi yang menyajikan informasi mengenai kualitas udara di kota-kota besar di seluruh dunia. Yang menarik, platform ini memberikan perkiraan yang diupdate setiap jam sehingga datanya lebih akurat. 

Aplikasi Plume Labs membantu pengguna dengan merekomendasikan waktu yang paling tepat untuk keluar rumah. Di Play Store, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan memiliki rating 4,1/5.

Air Quality & Pollen

Aplikasi cek kualitas udara lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Air Quality & Pollen. Platform ini dikembangkan oleh AirCare by EarthCare. Di Play Store, Air Quality & Pollen telah diunduh lebih dari 100 ribu kali.

Demikianlah beberapa aplikasi cek kualitas udara yang bisa Anda gunakan untuk memantau kondisi udara di kota Anda. Demi menjaga kesehatan, pemerintah menghimbau agar masyarakat memanfaatkan aplikasi cek kualitas udara dari gawai masing-masing. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.