<i>White Paper</i> ZTE Ungkap Solusi Pengembangan Infrastruktur Digital di Masa Depan
ZTE rilis Digital Infrastructure Technology Trends White Paper (foto: ZTE)

Bagikan:

JAKARTA - ZTE Corporation, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi, merilis "Digital Infrastructure Technology Trends White Paper," yang menyoroti tantangan dan jalur inovasi teknologi untuk pengembangan infrastruktur digital di masa depan. 

Dalam bukunya, ZTE mengungkapkan bahwa infrastruktur digital itu seharusnya terdiri dari tiga elemen teknis utama, yakni konektivitas, daya komputasi, dan Intelijen. Tapi sayangnya, pengembangan ketiga elemen ini terus menghadapi tantangan seperti batas Shannon (kapasitas saluran), perlambatan Hukum Moore, dan kurangnya pemahaman. 

Untuk mengatasi tantangan ini, ZTE mengusulkan agar inovasi teknologi di masa depan fokus pada mengeksplorasi potensi jalur teknologi yang ada dan mempromosikan kolaborasi berbagai teknologi, serta optimalisasi arsitektur sistem.

Konektivitas

Mengenai konektivitas, ZTE mengatakan bahwa pengoptimalan algoritma untuk mendekati batas Shannon dan memperluas ke pita frekuensi baru sambil menerapkan multiplexing spasial yang luas sangatlah penting. Selain itu, integrasi komponen optik dan listrik akan membantu memenuhi persyaratan bandwidth tinggi dan latensi rendah dari komputasi AI kinerja tinggi.

Daya Komputasi

Sedangkan untuk daya komputasi, ZTE menganggap bahwa meningkatan daya komputasi tidak hanya bergantung pada kemajuan teknologi chip, tetapi juga pada inovasi arsitektur, seperti penyimpanan dan komputasi terintegrasi, sistem peer-to-peer, dan integrasi komputasi dan jaringan.

Intelijen

Di bidang intelijen, perusahaan menganggap bahwa mengembangkan chip yang lebih hemat energi dan memperluas penerapan algoritma model besar sangat penting untuk memungkinkan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, terutama di bidang-bidang seperti jaringan otonom.

Secara keseluruhan, buku ini menyimpulkan bahwa ZTE telah memperkenalkan solusi dan platform "Digital Nebula", yang memberdayakan berbagai industri dengan infrastruktur digital yang menggabungkan konektivitas, daya komputasi, dan kecerdasan.

Inovasi teknologi ZTE ini sejalan dengan tren perkembangan teknologi, arah industri, dan kebutuhan pelanggan. ZTE juga akan terus bekerja bersama dengan mitra industri untuk mendorong inovasi teknologi di bidang infrastruktur digital.