Heboh! Bola Hitam Raksasa di Bintan Ternyata Bantalan Kapal
Bola Hitam di Bintan (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, masyarakat kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, dikagetkan dengan munculnya bola hitam besar yang memiliki ukuran lingkaran sekitar 3 meter. Bola raksasa itu ditemukan di pantai Desa Teluk Bakau.

Tampak bola hitam itu diikat dengan rantai besi dan ban hitam kecil di setiap sisinya. Di permukaan bola hitam tersebut terdapat tulisan “Yokohama 50Kpa” berwarna putih.

Menurut Kapolsek AKP Monang P Silalahi, benda yang ditemukan warga sekitar masih mendalami dari mana datangnya bola hitam tersebut. “Penemuan bola hitam tersebut sudah kita tindaklanjuti,” ujarnya, Rabu, 27 Januari.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Angkatan Laut (Kadispen AL) Julius Widjodjono, menduga bola hitam raksasa tersebut merupakan fender kapal. Fender yang dimaksud adalah bumper atau bantalan yang digunakan untuk meredam benturan saat kapal akan merapat ke dermaga.

Pihaknya menduga benda yang disebut-sebut berdiameter hingga tiga meter itu lepas dari kapal, kemudian terbawa arus. Menurutnya, arus laut saat ini tengah mengarah ke wilayah perairan Indonesia. 

Jika dilihat dari laman situs y-yokohama.com, bola hitam raksasa tersebut kemungkinan buatan perusahaan Fender Pneumatik Yokohama. Fender atau bantalan kapan tersebut digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk operasi pengiriman-ke-kapal, serta pelabuhan peti kemas.