Dari pada Buat Bursa Kripto, Pemerintah Rusia Ingin Mengatur Beberapa Platform Perdagangan Kripto
Rusia sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan bursa kripto yang terpadu sebagai bagian dari Bursa Moskow. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengenalkan rencana untuk membuat bursa kripto nasional pada November 2022, para legislator Rusia telah meninggalkan ide tersebut, menurut anggota Dewan Negara Anatoly Aksakov. Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya, pemerintah setempat sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan bursa kripto yang terpadu sebagai bagian dari Bursa Moskow.

Namun, alih-alih mendirikan bursa kripto yang terpadu, Rusia sekarang ingin mengatur aturan untuk menciptakan dan mengelola platform-platform tersebut, menurut Aksakov seperti yang dilaporkan oleh agensi berita lokal Izvestia pada 29 Mei. Kementerian Keuangan Rusia dikabarkan menjadi salah satu otoritas yang tidak mendukung rencana bursa kripto nasional tersebut.

Aksakov, yang memimpin komite pasar keuangan Duma, mencatat bahwa bursa kripto akan memungkinkan bisnis-bisnis Rusia untuk memproses transaksi lintas batas. Bursa kripto juga akan memungkinkan perusahaan-perusahaan lokal untuk menghindari sanksi, yang kemungkinan akan memicu pembatasan terhadap platform-platform tersebut.

"Rusia akan terus membuat platform-platform kripto dan organisasi-organisasi baru," kata Aksakov, sambil menambahkan bahwa hal terpenting adalah mengatur proses tersebut.

"Bank sentral Rusia kemungkinan akan menjadi otoritas pengawas utama yang mengatur bursa kripto," kata Aksakov, dikutip Cointelegraph. Kerangka regulasi terkait akan menjadi bagian dari undang-undang tentang rezim hukum eksperimental, tambahnya.

Menurut wakil gubernur Bank Rusia, Alexey Guznov, masih terlalu dini untuk membicarakan bursa kripto di Rusia dalam arti klasik kata tersebut. Lebih mungkin, platform-platform tersebut akan berfungsi sebagai organisasi yang mengkoordinasikan interaksi antara eksportir dan importir dalam memfasilitasi transaksi lintas batas. "Organisasi-organisasi tersebut, misalnya, akan membantu perusahaan-perusahaan Rusia membayar impor paralel," katanya.

Perusahaan-perusahaan kripto besar Rusia dilaporkan menentang ide pendirian bursa kripto nasional, melainkan mendirikan kerangka regulasi untuk organisasi-organisasi tersebut.

Mekanisme regulasi baru akan membantu meminimalkan risiko sanksi dan serangan siber terhadap infrastruktur, serta mengatasi masalah yang terkait dengan posisi dominan di pasar, menurut eksekutif kepatuhan BitRiver, Oleg Ogienko. Ia menyarankan bahwa bursa kripto harus membatasi investor yang tidak terkualifikasi di platform mereka, setidaknya pada tahap awal.