Sebagian Besar Masyarakat Indonesia Mengakses Internet Menggunakan Handphone atau Tablet
Ilustrasi handphone. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Laporan survei Asosiasi Penyedia Jasa Jaringan Internet Indonesia (APJII) terbaru yang berjudul "Profil Pengguna & Tren Internet Indonesia 2023" mengungkapkan bahwa tingkat penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 78,19 persen atau 215.626.156 pengguna.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 3,33 persen pengguna yang survei mengatakan bahwa mereka menggunakan internet untuk dapat mengakses sosial media, termasuk mengakses Facebook, Whatsapp, Telegram, Line, Twitter, Youtube, Instagram, dan lain-lain.

Selain itu, penggunaan internet untuk mengakses informasi/berita (3,15 persen), untuk bekerja atau bersekolah dari rumah (3.11 persen), untuk mengakses layanan publik (3.05 persen), untuk bertransaksi Online (2.92 persen), untuk mengakses email (2,91 persen), untuk mengakses konten hiburan seperti Gim online/TV/Radio/Video Online (2,9 persen), dan untuk mengakses transportasi online (2,85 persen).

Survei juga mengungkapkan bahwa sebagian besar atau sebesar 99,51 persen masyarakat menggunakan handphone atau tablet untuk mengakses internet, sedangkan 7,37 persen lainnya menggunakan komputer atau laptop.

Ketika kita sudah asik menjelajah internet, mungkin kita pernah merasakan waktu berjalan begitu cepat, sehingga Anda mampu menghabiskan banyak waktu di sana.

Hal tersebut dibenarkan dengan fakta bahwa sebagian besar (63,74 persen)masyarakat Indonesia menghabiskan waktu menggunakan internet selama 1-5 jam.

Selain itu, masyarakat yang menghabiskan waktu menggunakan internet selama 6-10 jam sebesar 22,44 persen, lebih dari 10 jam 7,14 persen, dan kurang dari satu jam sebesar 6,68 persen.