Cara Cek Total Belanja di Shopee Lewat Aplikasi di HP
Ilustrasi belanja di marketplace (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengguna marketplace Shopee perlu tahu bagaimana cara cek total belanja di Shopee. Mengetahui berapa banyak belanja yang sudah dilakukan lewat aplikasi akan memudahkan Anda untuk melakukan manajemen keuangan yang lebih baik.

Cara Cek Total Belanja di Shopee

Seperti diketahui, Shopee adalah salah satu marketplace yang banyak dipakai di Indonesia. Shopee sendiri dimiliki oleh perusahaan yang berkantor di Singapura bernama Sea Limited. Dalam aplikasi belanja tersebut ada beragam fitur menarik salah satunya adalah cek total belanja.

Patut digarisbawahi bahwa pengguna atau member Shopee dibagi menjadi beberapa kategori yakni Classic, Silver, Gold, dan Platinum. Tiap kategori didasarkan pada seberapa banyak pengguna melakukan transaksi di aplikasi belanja online tersebut. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut.

  1. Kategori classic berarti member belum pernah melakukan transaksi pembelian di Shopee.
  2. Kategori silver berarti member telah melakukan transaksi Rp500.000 untuk berbelanja di Shopee
  3. Kategori gold artinya member telah bertransaksi di Shopee minimal Rp3.000.000
  4. Kategori platinum berarti pengguna telah melakukan transaksi Rp10.000.000

Bagi pengguna Shopee yang ingin cek total belanja yang dilakukan di Shope, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Masuk ke aplikasi Shopee yang telah terinstal di ponsel. Pastikan juga sudah login ke akun yang dimiliki;
  2. Klik menu “Saya/Me”, posisinya berada di bawah kanan. Anda akan dibawa ke halaman profil;
  3. Setelah itu klik logo “Member” yang ada di sebelah kanan foto profil serta di bawah nama Anda. Logo akan menyesuaikan kategori yang berhasil Anda capai. Jika Anda berhasil mencapai kategori silver maka akan muncul logo “Member Silver” dan seterusnya, atau Anda bisa scroll ke bawah dan pilih “Shopee Member”;
  4. Setelah itu Anda akan dibawa ke capaian belanja yang tecatat oleh Shopee. Di halaman yang sama Anda juga bisa melihat total transaksi yang harus dicapai agar bisa naik ke kategori selanjutnya. Sedangkan untuk melihat total belanja bulanan, Anda bisa memilih “Catatan Belanja”;
  5. Anda akan dibawa ke halaman yang berisi informasi atau catanan belanja yang telah Anda lakukan di bulan terbaru. Beberapa data yang bisa Anda dapatkan adalah total pesanan dalam satu bulan, paling banyak belanja, jumlah yang berhasil dihemat, koin yang didapat, dan sebagainya.

Pengguna Shopee juga bisa melihat catatan belanja yang berhasil dilakukan lengkap dengan produk, tanggal, dan harga produk dalam beberapa waktu terakhir dengan cara berikut ini.

  1. Masuk ke halaman Member;
  2. Anda akan mendapat informasi tentang nominal transaksi yang harus dicapai atau jumlah pesanan yang harus diselesaikan. Kolom informasi ini berada di bawah nama pengguna. Untuk melihat transaksi terakhir, pilih anak panah kecil. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman yang berisi daftar transaksi terakhir. Untuk mendapatkan informasi lebih detil terkait pesanan yang tercatat, Anda tinggal klik transaksi.

Informasi terkait belanja yang berhasil dilakukan di Shopee membantu pengguna untuk melakukan pengelolaan keuangan, mendapatkan data transaksi, mencari rekam jejak pesanan akun, dan masih banyak lagi.  

Selain terkait cara cek total belanja di Shopee, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait