Arti ISO di Kamera HP: Suka Motret? Pemula Wajib Tahu
Arti ISO di Kamera HP (Gambar Horacio Lozada - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam hal mengambil foto dengan kamera ponsel, saya sangat mendukung pengambilan gambar dalam mode manual karena alasan yang sangat bagus yang tidak akan saya bahas dalam artikel ini. Tapi salah satu alasan utamanya adalah karena jumlah kendali yang diberikannya kepada Anda.

Di antara pengaturan yang bisa Anda kendalikan dalam mode manual seperti kecepatan rana, white balance, mode metering, dan lainnya, Anda juga bisa mengatur ISO.

Jika Anda baru mengenal fotografi dan sama sekali tidak tahu apa-apa, itu mungkin tidak ada artinya bagi Anda. Setidaknya untuk sekarang. Dalam artikel ini, kita akan melihat ISO dan perannya dalam fotografi seluler.

Arti ISO di Kamera HP

Singkatan ISO adalah singkatan dari International Organization of Standardization. Ini adalah pengaturan yang terdapat pada kamera digital yang dapat mengatur kecerahan foto dengan meningkatkan sinyal elektronik yang dikumpulkan dari cahaya yang mengenai sensor gambar kamera.

ISO biasanya dinyatakan sebagai angka mulai dari 100 dan menggandakan kecerahan saat meningkat menjadi 200, 400, 800, dll. Semakin Anda meningkatkan nilai ISO, semakin cerah gambarnya. Dan karena dapat mencerahkan gambar yang gelap, ISO juga merupakan bagian dari segitiga eksposur.

Untuk lebih memahami ISO, mari kita lihat asal-usulnya di dunia fotografi film.

Bagaimana ISO mempengaruhi gambar?

Seperti yang telah disebutkan beberapa kali, semakin tinggi Anda menetapkan nilai ISO, semakin cerah gambarnya. Dengan demikian, ISO dapat bermanfaat saat memotret di lingkungan dengan cahaya redup.

Namun, di lingkungan yang terang, sebaiknya jaga ISO serendah mungkin untuk menghindari paparan berlebih.

Hal lain yang disayangkan adalah semakin tinggi Anda menaikkan skala ISO, semakin banyak gangguan digital yang akan Anda perkenalkan pada gambar Anda. Ini akan menurunkan kualitas foto Anda.

Setiap kamera smartphone memiliki rasio signal-to-noise sendiri. Ini berarti bahwa kamera yang berbeda memiliki ambang yang berbeda di mana noise menjadi jelas dan menurunkan kualitas gambar.

File ISO

Pada zaman fotografi pada film seluloid, ISO mengacu pada tingkat kepekaan film terhadap cahaya. Nilai pengukuran sensitivitas film biasanya dimulai dari 100, kemudian naik menjadi 200, 400, 800, dan seterusnya. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi kepekaan terhadap cahaya.

Jadi, jika Anda memotret di luar dalam cahaya terang, Anda akan memilih gulungan film ISO 100 karena kepekaannya yang rendah terhadap cahaya.

Di sisi lain, jika Anda memotret di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan rendah, Anda akan memilih gulungan film ISO 400 atau lebih tinggi, memahami bahwa film tersebut lebih sensitif terhadap cahaya daripada gulungan ISO 100.

ISO Digital

Ketika dunia beralih hampir seluruhnya ke fotografi digital, standar untuk mengukur ISO tetap sama. Semakin rendah angka ISO, semakin kurang terang gambarnya.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa alih-alih mengganti seluruh rol film secara fisik untuk mendapatkan ISO yang Anda inginkan, ISO sekarang dapat ditingkatkan dan diturunkan secara digital karena itu semua hanyalah proses elektronik di dalam kamera.

Cara umum untuk berpikir tentang ISO adalah sebagai ukuran kepekaan sensor terhadap cahaya. Namun, agar lebih akurat, sensor hanya memiliki satu tingkat sensitivitas saat diaktifkan.

Oleh karena itu, ISO dapat dilihat hanya sebagai kalkulasi seberapa terang gambar akhir seharusnya didasarkan pada eksposur input dasar yang Anda tetapkan.

Di mana Anda menemukan ISO pada kamera ponsel?

Untuk menemukan pengaturan ISO kamera Anda, Anda perlu beralih ke mode Manual aplikasi kamera Anda, juga dikenal sebagai mode Pro di beberapa perangkat. Setting ISO ini terbilang mudah ditemukan karena biasanya dilabeli dengan nama.

Jika aplikasi kamera Anda tidak memiliki mode Manual, maka Anda harus mengunduh yang memilikinya. Mampu mengontrol pengaturan secara manual seperti ISO pasti dapat mengubah fotografi Anda menjadi lebih baik. Itu sebenarnya salah satu alasan mengapa Anda harus memotret dalam mode Manual.

Jika Anda tidak terbiasa dengan mode Manual dan semua pengaturan di dalamnya, lihat panduan lengkap dan komprehensif untuk mode manual ini.

Jadi setelah mengetahui arti ISO di kamera hp, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!