Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, memindahkan bisnis offline Anda ke platform digital merupakan sebuah kebutuhan, untuk terus dapat beroperasi dan mengembangkan bisnis Anda ke lebih banyak pelanggan. 

Melansir dari blog Microsoft, transformasi digital merupakan sebuah proses menggunakan teknologi baru dan alur kerja bisnis untuk mengoptimalkan, mengotomatisasi, dan memodernisasi operasi bisnis organisasi.  

Perlu dicatat, bahwa transformasi digital tidak hanya tentang pembaruan sistem dan proses teknologi Anda saja, tetapi juga perubahan pola pikir organisasi tentang teknologi dan alur kerja yang digunakannya.  

Untuk itu, raksasa teknologi itu memberikan 10 manfaat teratas untuk bisnis yang melaksanakan transformasi digital

Meningkatkan operasi. Komputasi awan platform dan layanan, penyimpanan cloud, AI, pembelajaran mesin, otomatisasi, dan teknologi modern lainnya dapat membantu bisnis mempercepat waktu respons mereka terhadap perubahan pasar dan permintaan pelanggan dan membantu karyawan melakukan tugas pekerjaan mereka dengan lebih mudah dan cepat. 

Membantu mempercepat pertumbuhan bisnis. Dengan digitalisasi, maka perusahaan akan menghemat waktu untuk menciptakan produk dan layanan baru. Selain itu, dengan berkat analisis cerdas yang mendukung AI, memungkinkan perusahaan untuk mendekati inovasi dan pengembangan produk untuk meningkatkan pendapatan. 

Memungkinkan pekerjaan yang fleksibel, jarak jauh, dan hybrid. Dengan memanfaatkan platform dan layanan seperti cloud, komunikasi terpadu sistem, perangkat seluler, dan teknologi desktop virtual. Pekerjaan akan menjadi lebih fleksibel, namun tetap menghasilkan produk terbaik.  

Mengoptimalkan biaya operasional. Memindahkan alur kerja otomatis ke cloud bisa membebaskan bisnis dari memelihara atau mengganti aset penyimpanan data yang mahal seperti server fisik dan pusat data. Plus, penyedia cloud biasanya menawarkan harga pay-as-you-go, yang memungkinkan pelanggan membayar hanya untuk layanan yang mereka gunakan. 

Menyatukan komunikasi bisnis. Dengan menggunakan sistem komunikasi (email, chat, konferensi video, panggilan suara, dll) dapat memudahkan karyawan dan tim untuk bekerja bersama secara real time, sehingga meningkatkan produktivitas. 

Memberdayakan karyawan. Dilengkapi dengan alat yang lebih cerdas, efisien, karyawan memiliki waktu yang lebih mudah untuk menyelesaikan tugas yang ditentukan. Memberikan karyawan akses ke teknologi yang memungkinkan akan mendorong mereka bekerja lebih produktif membantu meningkatkan kepuasan kerja mereka. 

Libatkan pelanggan lebih dalam. Menurut Microsoft, bagian dari transformasi digital melibatkan penyesuaian cara Anda berinteraksi dengan pelanggan dan meningkatkan pengalaman layanan pelanggan. Menyadari bahwa pelanggan yang berbeda lebih suka terlibat dengan perusahaan dengan cara yang berbeda, banyak bisnis melengkapi pusat panggilan layanan pelanggan mereka dengan email, pembaruan teks, akun media sosial, dukungan chatbot, dan sumber daya swalayan.  

Meningkatkan keamanan. Gunakan layanan keamanan yang andal untuk mengotomatiskan tambalan keamanan, pembaruan, pemantauan, dan pencatatan membantu untuk memperkuat dan merampingkan proses manajemen keamanan serta solusi deteksi ancaman untuk membantu mengamankan data dan jaringan pelanggan mereka. 

Meningkatkan ketahanan dan kelincahan. Komputasi awan dapat membantu meningkatkan kesinambungan bisnis dan memberi tim TI ketenangan pikiran. Ditambah lagi, kelincahan yang diberikan oleh komputasi awan memungkinkan bisnis untuk beroperasi secara proaktif dan merencanakan ke depan daripada hanya bereaksi terhadap tantangan sehari-hari. 

Mendorong keberlanjutan. Bisni dapat mengurangi jejak karbon mereka ketika mereka mengurangi ketergantungan mereka pada server fisik, kantor, dan pusat data yang mendukung komputasi awan. Lebih sedikit peralatan fisik menyebabkan lebih sedikit perangkat keras di tempat pembuangan sampah dan lebih sedikit penggunaan listrik.