Google dan PBB Luncurkan Situs Web untuk Memperingati Hari Penting di Dunia
Google kerja sama dengan PBB (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun lalu, Google Registry meluncurkan domain tingkat atas .day yang membantu orang untuk Google mereka melakukan kegiatan sehari-hari, seperti membantu orang meditasi untuk tidur atau mengungkapkan rasa terima kasih. 

Beberapa hari lalu, Google mengumumkan kerja sama terbarunya dengan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), untuk memberikan lebih banyak perhatian terhadap masalah penting di dunia. 

Berikut adalah daftar organisasi yang berpartisipasi, dan cara mereka menggunakan .day untuk menyebarkan kesadaran.

UNAIDS

UNAIDS memimpin upaya global untuk mengakhiri AIDS sebagai ancaman kesehatan masyarakat pada tahun 2030 sebagai bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dalam kerja sama ini UNAIDS akan meluncurkan situs web: 

  • AIDS.day yang menunjukkan bagaimana orang-orang di seluruh dunia bersatu untuk mendukung orang yang hidup dengan HIV dan menyerukan peningkatan upaya untuk mengakhiri epidemi AIDS. 
  • ZeroDiscrimination.day yang akan menjadi perayaan hari tanpa diskriminasi. 

UNHCR, Badan Pengungsi PBB

UNHCR, bekerja di lebih dari 130 negara, Badan Pengungsi PBB bertugas untuk melindungi orang-orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena konflik dan penganiayan. 

  • Refugee.day, semua orang merayakan Hari Pengungsi Sedunia pada 20 Juni, dengan menghormati para pengungsi di seluruh dunia dan merayakan kekuatan dan keberanian orang-orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk menghindari konflik atau penganiayaan.

UNICEF

UNICEF, akan meluncurkan situs web:

  • Childrens.day untuk memperlihatkan aksi tahunan mereka dalam merayakan Hari Anak Sedunia pada 20 November.
  • Parents.day yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang dukungan yang dibutuhkan orang tua dan pengasuh untuk memberikan anak-anak mereka awal terbaik dalam hidup pada Hari Orang Tua Sedunia pada 1 Juni. 

UNOCHA

Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA) akan meluncurkan situs:

  • Humanitarian.day yang akan menjelaskan bagaimana Hari Kemanusiaan Sedunia yang jatuh pada 19 Agustus dapat menyatukan mitra dari seluruh sistem kemanusiaan untuk mengadvokasi kelangsungan hidup, kesejahteraan dan martabat orang-orang yang terkena dampak krisis, dan untuk keselamatan dan keamanan pekerja bantuan.

UN WOMEN

UN Women adalah entitas PBB yang didedikasikan untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. 

  • Womens.day akan meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan gender dan memperjuangkan hak-hak perempuan di seluruh dunia. 
  • EndViolenceAgainstWomen.day akan meningkatkan kesadaran dan mengambil tindakan untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan yang jatuh pada 25 November. 

WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan meluncurkan: 

  • TB.day untuk memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (TB) dengan meningkatkan kesadaran publik tentang konsekuensi kesehatan, sosial dan ekonomi yang merusak dari TB pada jutaan orang di seluruh dunia.
  • Health.day akan menandai peringatan berdirinya WHO pada tahun 1948. Pada tahun 2023, Health.day merayakan 75 tahun melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat dunia.
  • Malaria.day, menyoroti perlunya investasi berkelanjutan dalam pencegahan dan pengendalian.
  • NoTobacco.day menarik perhatian pada epidemi tembakau yang membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahun.
  • FoodSafety.day akan memobilisasi tindakan untuk mencegah, mendeteksi dan mengelola risiko bawaan makanan terhadap kesehatan. 
  • BloodDonor.day akan meningkatkan kesadaran akan perlunya darah dan produk darah yang aman. 
  • Hepatitis.day, situs ini dapat digunakan untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dapat kita semua lakukan untuk mencegah dan menanggapi berbagai jenis virus yang menyebabkan penyakit hati ini.
  • HealthCoverage.day untuk bergabung dengan seruan bagi para pemimpin untuk berinvestasi dalam kesehatan dan berkomitmen pada “Kesehatan untuk Semua.