Tahun 2022 Menjadi Tahun Terpanas di Inggris, Ini Faktanya
Di St. James Park dideteksi tahun terpanas di Inggris. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun  2022 akan menjadi tahun terhangat di Inggris, menurut angka sementara dari layanan cuaca nasional Met Office. Gelombang panas musim panas yang memecahkan rekor adalah ceri yang terbakar di atas 11 bulan cuaca panas yang tidak biasa di Inggris.

Itu menjadikan tahun ini sebagai tahun terpanas di Inggris sejak pencatatan tahunan dimulai 139 tahun lalu. Tahun 2022 juga akan menduduki puncak daftar tahun terhangat dalam catatan suhu instrumental tertua di dunia, rangkaian suhu Inggris Tengah yang dimulai 364 tahun lalu. Namun rekor yang ditetapkan tahun ini mungkin tidak bertahan lama.

Sayangnya, karena perubahan iklim, rekor yang dibuat tahun ini mungkin tidak akan bertahan lama. Sepuluh tahun terhangat di Inggris semuanya terjadi sejak 2003, dan peneliti melihat tren serupa secara global.

Delapan tahun terakhir berada di jalur untuk menjadi delapan tahun terpanas yang pernah tercatat, menurut Organisasi Meteorologi Dunia. Dan Met Office telah meramalkan bahwa tahun 2023 akan lebih panas dari tahun ini dalam hal suhu rata-rata global.

“Tahun yang hangat sejalan dengan dampak nyata yang kita perkirakan sebagai akibat dari perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Meskipun itu tidak berarti setiap tahun akan menjadi rekor terpanas, perubahan iklim terus meningkatkan kemungkinan tahun-tahun yang semakin hangat selama beberapa dekade mendatang, ”kata Mark McCarthy, kepala Pusat Informasi Iklim Nasional Kantor Met, dalam siaran pers seperti dikutip The Verge.

Gelombang panas yang terik di bulan Juli mendatangkan malapetaka di masyarakat yang terbiasa dengan iklim yang lebih sejuk. Untuk pertama kalinya, Met Office mengeluarkan peringatan panas “Red Extreme” untuk sebagian Inggris.

Pusat data juga melaporkan kegagalan “terkait pendinginan”. Rel kereta api dan landasan pacu bandara tertekuk di bawah panas yang menindas. Petugas pemadam kebakaran di Inggris dan Wales menanggapi peningkatan kebakaran hutan yang dipicu oleh cuaca kering dan panas yang tidak biasa. Di Inggris dan Wales, ada 3.271 kematian berlebih selama musim panas ini.

Inggris mencatat suhu maksimum harian tertinggi, 40,3 derajat Celcius (104,54 Fahrenheit) di Coningsby, Lincolnshire pada 19 Juli. "Hampir tidak mungkin merkuri naik di atas 40 derajat Celcius di Inggris tanpa perubahan iklim yang disebabkan manusia,” kata McCarthy dalam pernyataan Juli lalu.

Namun bahkan angka yang mencengangkan itu saja tidak cukup untuk menjadikannya tahun yang memecahkan rekor bagi Inggris. "Suhu yang memecahkan rekor di bulan Juli tentu saja meningkatkan nilai suhu keseluruhan untuk tahun ini, tetapi itu bukanlah cerita lengkapnya," kata McCarthy dalam pernyataan hari ini.

Tahun 2022 dimulai dengan ledakan. 1 Januari adalah rekor Hari Tahun Baru terhangat di Inggris, mencapai 16,3 Celcius (61,34 derajat Fahrenheit) di St James's Park di London. Menurut Met Office, faktanya, setiap bulan tahun ini kecuali Desember lebih hangat dari rata-rata.

Layanan cuaca masih memiliki beberapa hari tersisa untuk didokumentasikan sebelum merilis angka terakhir tentang seberapa panas tahun ini. Tapi sudah jelas bahwa itu telah melampaui 2014, ketika rekor sebelumnya untuk suhu rata-rata tahunan di seluruh Inggris ditetapkan pada 9,88 derajat Celcius (49,78 derajat Fahrenheit).