Tips Anti <i>Typo</i> Saat Menggunakan iPhone
Ilustrasi mengetik di iPhone (Pexels/pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kebiasaan mengetik sudah menjadi aktivitas harian ketika bermain smartphone. Namun terkadang ukuran keyboard yang terlalu kecil atau tidak pas, justru membuat penggunanya sering typo saat menulis pesan di smartphone.

Untuk meminimalisir kesalahan menulis atau typo. Biasanya aplikasi keyboard di ponsel dilengkapi beberapa fitur tambahan. Selain mempermudah proses pengetikan atau sekadar memberi kesan agar tulisan jadi lebih menarik.

Khusus pengguna iPhone, ada beberapa fitur menarik yang mungkin saja belum banyak diketahui selama ini. Beberapa fitur di antaranya bahkan bisa mempermudah kalian dalam berbalas pesan. 

1. Ubah Suara Menjadi Teks

Apple memberikan kemudahan untuk penggunanya melalui konversi suara menjadi teks pada keyboard iPhone. Fitur ini tentunya beguna bagi mereka yang malas mengetik atau memang benar-benar tidak sempat untuk menyentuh deretan huruf QWERTY.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui pengaturan Settings> General > Keyboard dan aktifkan opsi "Enable Dictation."

2. Opsi Satu Tangan

Jika keyboard QWERTY yang saat ini digunakan pada smartphone dinilai lebih efektif jika digunakan dengan kedua tangan. Namun tak menutup kemungkinan, jika perangkat smartphone juga bisa digunakan dengan satu tangan. 

fitur one handed keyboard pada iPhone (Mashable)

Fitur one handed keyboard ini sudah hadir sejak pembaruan iOS 11. Melalui opsi ini memungkinkan pengguna iPhone untuk bisa menulis hanya dengan satu tangan saja.

Papan QWERTY pada iPhone akan secara otomatis mempersempit jangkauan keyboard, pada sisi kiri maupun kanan penggunanya. Untuk mengaktifkannya pengguna iPhone hanya perlu mengklik ikon panah kecil. Arah panah menunjukkan penempatan keyboard berada di kanan atau kiri.

3. Berganti Tampilan Font

Jika sudah bosan dengan tampilan yang ada saat ini, pengguna keyboard iPhone dapat memperbarui tampilannya dengan mengubah jenis font. Pengaturan yang bisa dilakukan oleh pengguna iOS 13 ini dapat memberikan menggunakan beragam jenis font yang tersedia sehingga tampilannya akan terasa beda dan baru.

4. Jalan Pintas Karakter

Keyboard iPhone juga memberikan pintasan untuk pemilihan karakter. Cukup dengan cara tap (tekan) dan hold (tahan), maka akan muncul karakter di tiap hurufnya. Cara ini juga berfungsi untuk memilih waran kulit pada emoji yang dipilih.

5. Sembunyikan Keyboard

Meski banyak digunakan dalam tiap aplikasi, kemunculan keyboard juga terkadang mengganggu, terutama saat membaca atau melihat dokumen. Papan keyboard yang muncul pada layar ini dapat menutupi sebagian tampilan dari halaman yang sedang dibuka.

Solusi untuk persoalan tersebut adalah dengan menyembunyikannya. Caranya cukup mudah, yakni geser (swipe) keyboard ke bawah layar.