Nikolai Mushegian Meninggal, Begini Nasib MakerDAO
Salah satu pendiri MakerDAO, Nikola Mushegian dilaporkan meninggal di pantai San Juan, Puerto Rico. (Foto; Dok. Yahoo Finance)

Bagikan:

JAKARTA – Enam tahun lalu, Nikolai Mushegian, co-founder MakerDAO menuai pujian dari publi karena berhasil menyelamatkan platformnya dari ancaman kejahatan. Kini, sosok tersebut dikabarkan telah meninggal dalam keadaan tenggelam di pantai San Juan, Puerto Rico.

Mushegian, lelaki berusia 29 tahun itu, adalah pengembang yang dikenal di kalangan komunitas kripto karena dukungannya terhadap berbagai proyek kripto dan pengembangan teknologi. Sejumlah orang menyebutnya sebagai “arsitek DAI.”

Kabar Pendiri MakerDAO Meninggal

Menurut laporan dari outlet berita lokal El Nuevo yang mengkonfirmasi kematian Mushegian pada hari Jumat, 28 Oktober. Media tersebut mengungkapkan bahwa dia telah "tersapu arus laut" di Pantai Conando di San Juan.

Arus bawah pantai yang kuat dikenal sebagai tempat yang berbahaya untuk berenang, telah menewaskan 8 orang pada tahun 2021 saja. Polisi diberitahu tentang kematian Mushegian pada Jumat pagi, menurut keterangan pihak berwajib. Disebutkan bahwa dia adalah penduduk San Juan dan pada saat tubuhnya ditemukan, dia tidak memiliki tanda-tanda yang parah.

“Nikolai adalah pengembang yang menyelamatkan MakerDAO dari peretasan dengan cara yang sama seperti TheDAO telah diretas melalui audit yang kuat enam tahun lalu,” tulis salah satu komunitas kripto dan salah satu pendiri Tether (USDT), Craig Sellars, di postingan Twitter pada 29 Oktober 2022.

“Nikolai adalah satu-satunya orang di masa-masa awal Ethereum dan kontrak pintar yang mampu memprediksi kemungkinan peretasan kontrak pintar dan menemukan pendekatan berorientasi keamanan untuk desain kontrak pintar yang kita kenal sekarang,” kata pendiri dan CEO MakerDAO, Rune Christensen.

Masih Muda dan Cerdas

Tidak berhenti sampai di situ, sejumlah pendiri kripto lain seperti pendiri Cardano (ADA) Charles Hoskinson turut memuji peran Mushegian semasa hidupnya dengan menyatakan bahwa dia adalah “orang yang sangat muda dan sangat cerdas.” Hoskinson juga menambahkan bahwa sosok tersebut memiliki "pemahaman mendalam tentang teknologi."

Melansir CryptoPotato, Mushegian sangat aktif di media sosial, tetapi menarik perhatian sehari sebelum kematiannya setelah memposting tweet tentang menjadi sasaran terkait cincin perdagangan seks Puerto Rico, dan bahwa mereka akan "menyiksanya sampai mati." Kurang dari dua bulan sebelumnya, dia mengklaim bahwa dia mungkin akan dibuat "bunuh diri oleh CIA" di masa depan.

Seperti yang dicatat oleh salah satu pencipta Tether, Craig Sellers, di Twitter, kematian Mushegian terjadi kurang dari seminggu setelah MakerDAO menyetujui kemitraan kustodian USDC senilai 1,6 miliar dolar AS dengan bursa kripto terbesar di AS, Coinbase.

Maker juga baru-baru ini mengonversi aset cadangannya senilai 500 juta dolar ke dalam Treasury dan Obligasi AS, meniru tindakan stablecoin top lainnya dalam transisinya menuju bentuk utang tradisional yang lebih aman.

Rune Christensen belum lama ini mengesahkan proposal “Endgame” yang membikin anggota organisasi MakerDAO terpecah menjadi dua kubu. Proposal tersebut diusulkan oleh Christensen sendiri. Rencana Endgame adalah rencana restrukturisasi besar-besaran untuk MakerDAO yang berupaya memastikan desentralisasi dan pertumbuhan maksimalnya selama sepuluh tahun ke depan.

Namun, proposal itu dinilai negatif oleh komunitas, salah satunya peneliti di Paradigm yang menggunakan nama samaran Hasu. Menurutnya, “proposal Endgame adalah proposal yang sangat buruk dan sangat menyedihkan bagi Maker,” katanya pada Selasa, 1 Oktober kemarin.